28 Desember 2007

Maen seharian

Kemarin sampe di tokyo pagi2 sekitar jam 6. Tujuan ke sini sih, mo jalan2 doang. Ternyata tokyo juga udah dingin, walaupunn gak se-dingin hachinohe, tapi bagi saya...tetep aja dingin wekekek.

Jam 11 ke daerah chofu buat, nyari kos, tapi belum dapat yg pas...ada yg murah tapi jauh dari kampus, ada yg deket tapi muahal. he..he..udah hukum alam kali ye.

Abis itu gabung sama kawan2 yg notabene dari luar tokyo juga (sama2 dari kampung wekekek), jalan2 di chofu, makan siang & karaoke-an. Acara dilanjutkan dgn "makan sore" (wuih...emang ada gitu?) he..he.., anggap aja pemanasan buat makan malam.

Malam nya .... makan lagi rame2...ada 14 orang anak indonesia semua wehehehe bener benar ErEr deh....(Ruame & Ruibutt) wekekek.

Hari ini mau main lagi....ke akihabara, lihat laptop (lihat doang wekekek...gak modal euy). Trus malam-nya insyaAllah berangkat ke Nagano bareng PMIJ, untuk maen "jungkir balik" alias snowboard he..he..

Begini nih dari gunung (hachinohe), maen ke kota, jadi pengen-nya maen terus. Apalagi kawan2 lain juga pada ngumpul di sini.

26 Desember 2007

Jadi Doktor ?

Hari ini saya main ke lab, buat ngerjain penelitian. Disuruh datang sih sama sensei-nya (pak guru). Sebenarnya dari hari sabtu kemarin, udah mulai libur musim dingin, tapi....tetep datang (wuih gaya-nya niat banget ya wekekkekek).

Trus abis itu ke ruangan-nya pak Guru....ngasih laporan sementara. Hasilnya nya masih belum sesuai harapan. Tapi dah lumayan katanya. Dan memang algoritma yg dipakai belum 100% sempurna. Rumus nya sih pak Guru-nya yg bikin dan katanya "emang susah" dan masih sementara dipikirkan.

Trus saya nanya...."emang kalo jadi doktor harus mikir2 susah gitu ya pak?". Katanya "ya begitulah...kita harus pake cara yg belum dipakai orang lain". Sambil melirik kartu nama di atas meja yg ada tulisan "kougaku hakase" (=doctor of engineering) saya bilang, "wah susah dong pak, gara2 jadi doktor, bapak harus mikir yg susah2" he..he...pak guru-nya ketawa, tema percakapan pun pindah ke rencana libur (lho??? kok malah ngerumpi).....wehehehhehe.

Di jalan pulang, saya mikir "wuih, ngeri juga ya jadi doktor" wekekekek......mending jadi siswa aja terus he..he..

22 Desember 2007

Hari Raya & Banjir

Beberapa hari yg lalu pas hari raya, saya nelpon ke rumah, sekedar mo ngucapin met hari raya + sedikit merasakan suasana hari raya di rumah lewat suara telepon. he..he..

Perlahan lahan tema pembicaraan pindah ke masalah "banjir" wekekekek. Soalnya kebetulan di gorontalo lagi banjir. Daerah sekitar rumah saya gak kena sih, tapi t4 lain, termasuk kota nya lumayan parah (dari berita & sumber2 lain). Agak ironis memang, saat hari raya, orang pada sibuk ngurusin rumah yg kena banjir.

Setelah itu, nyoba nelpon kawan lama. "selamat idul adha, minal aidin wal faidzin, Di t4-mu kena banjir nggak?" wehehehe.....kalimat nya udah jadi satu set tuh. Dan lanjut-lah cerita ttg banjir.

Baca2 berita hari itu di koran2 online, negeri tercinta kita ini emang lagi musim banjir. Tentu kita nggak bisa menyalahkan "sang musim", kita aja yg kurang siap menyambut musim itu.

Apa negeri kita ini kekurangan ahli2 lingkungan?. Tentu tidak, sebenarnya kita punya banyak. Lha..terus kenapa ? Alasan yg paling masuk akal adalah "wewenang para ahli itu hanya sebatas pembuat alternatif kebijakan, tapi penentu kebijakan itu adalah pemerintah".

Jadi yg salah pemerintah dong? Ya gak sepenuh-nya. Kita juga kan ikut andil bikin banjir.....buang sampah sembarangan dll he...he....hayo ngaku?Sebenarnya ngomong2 kayak gini juga gak bisa bikin banjir surut he...he...

Buat yg kena musibah banjir, semoga diberikan ketabahan oleh-Nya. Buat pemerintah: "ditunggu lho langkah kongkrit-nya". Kalo kita2 ini, minimal buang sampah pada tempatnya, bersihin selokan dll + sebisa mungkin mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan banjir.

19 Desember 2007

Mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Adha 1428 H
Minal Aidin wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir & Batin

15 Desember 2007

SatelliteWXW-79DW

Ini bukan promosi he..he..cuma kagum aja ada laptop kayak gini. Toshiba-Dynabook-SatelliteWXW-79DW-PAWW79DLN10W, begitu nama lengkapnya. Dari spec yg ada, kelihatannya memang khusus buat para gamer.

Laptop ini menggunakan CPU Core2 Duo T770(2.4GHz), memori 4GB. Untuk Grafik, NVIDIA SLI Dual GeForce 8600M-GT. Jarang laptop pake 2 lembar kartu grafik yg dipasang paralel, padahal 1 lembar nya udah "top class". Monitor 17 inch WSXGA 1680x1050 dot juga ikut menunjang kualitas gambar.

Sound, pake harman/kardon 5 speaker (4speaker+1subwoofer dalam). Ini juga bukan hal yg lumrah untuk sebuah laptop. Dengan ini diharapkan para gamer puas dengan kualitas suara yg dihasilkan. Spec lengkap-nya ada di sini

Tapi menurut saya, kalo mau gila2-an spec, sebaiknya pilih desktop saja. Sebab walau bagaimanapun, laptop itu punya kelemahan pada "ruang & daya yg sangat terbatas".

Bukti-nya, untuk laptop di atas, batrei hanya bisa tahan 1 jam-an. Ini wajar, karena dia harus menggerakkan 2 lembar grafik board dan 2 buah HDD, belum lagi CPU dan komponen2 lain-nya.

07 Desember 2007

Akibat main gitar

Tadi malam, dipinjamin gitar oleh kawan yg baik hati, lengkap dengan song book nya "Bump of Chicken" (salah satu band ternama di sini), tapi ah...susah..."ora iso" (buat yg mudeng bahasa jawa, mohon dikoreksi kalo salah) he...he...

Ya udah, pindah haluan, googling, nyari lagu yg gampang. Ketemu deh "kordkita.web.id", dan kebetulan pas dengan selera hehehe. Mulailah konser sendirian di kamar dari jam 8 sampe jam 1 malam ha...ha...parah euy.

Sebenarnya pengen berhenti sih, tapi akibat "ah...ntar lagi, dikit lagi, tanggung...."dst, akhirnya sampe jam 1. Makan malam pun setelah jam 1 (sahur kalee...).

Akibatnya, tadi siang ngantuk di kelas. Untung kawan2 di samping kiri kanan depan belakang lumayan ribut, jadi tetep bisa "bertahan" walaupun dengan kondisi "low bat" & "no signal" ha..ha..

Kalo dipikir2, enak juga ya...jreng...jreng...jreng...sepuasnya. Udah lama gak main gitar sih, makanya susah behenti. Itung2 refreshing, menikmati hidup, mencicipi kemerdekaan (apaan sih?) wekekek puas...puas..puas...

01 Desember 2007

Terowongan Pencegah Banjir








Kandagawa, begitu nama salah satu sungai yg mengalir di Tokyo. Daerah dekat sungai ini tentu rawan banjir saat curah hujan berlebihan (biasanya saat angin topan langganan "taifuu" datang menyapa negeri ini).

Untuk mencegah banjir, maka sungai pun diperlebar & diperdalam. Pelebaran sungai untuk kota sepadat tokyo sangatlah sulit. Maka di ambil alternatif lain dengan membangun penampungan air di bawah tanah. Bentuk nya mirip terowongan untuk subway.

Agar tidak perlu beli2 tanah lagi dari masyarakat, dibangunlah penampungan air ini dibawah jalan raya yg melintang di atas sungai kandagawa tsb. Total panjang nya 4.5 km, dgn diameter 12.5 m , dibangun di kedalaman 50 m (bawah tanah). terowongan segede ini Daya tampung maksimal-nya 540ribu meter kubik (= 540 juta liter, = berapa sendok ya?).

Cara kerjanya dapat dilihat di gambar. Saat air sungai nya udah turun, air dari penampungan ini dibalikin ke sungai pake pompa.

Total biaya proyek 103 milyar yen (8.24 trilyun rupiah). Kedengaran-nya sih mahal, tapi kalo dibandingkan dgn kerugian kalo terjadi banjir untuk kota sekelas tokyo (perkiraan kerugian = 30 milyar yen setiap 1 kali banjir besar), maka jumlah ini bukanlah apa2.

Bagaimana dengan jakarta? mungkin kita bisa meniru atau bahkan punya alternatif lain yg lebih bagus dari ini.

28 November 2007

Di-suntik

Hari ini ada imunisasi influenza di sekolah. Gak wajib sih, tapi sangat dianjurkan, karna penyakit ini mudah berjangkit apalagi di musim dingin seperti sekarang ini.

Nah....saya juga ikut, buat jaga2 aja. Daripada menderita beberapa hari gara2 influenza, mending menderita beberapa detik gara2 disuntik wekekekek.

Kalo diinget2 udah lama saya gak disuntik. Terakhir, waktu periksa darah 3.5 tahun lalu, sebelum berangkat ke sini. Selain itu, saya termasuk yg jarang disuntik. Jadi sedikit agak ngeri......ha..ha..ha..

Tapi anehnya waktu disuntik tadi, gak terasa apa2, yg ada hanya dingin cairan alkohol di kapas. Padahal saya udah siap2 tuh. Soalnya dulu pernah ditipu waktu SD kelas 1 saat imunisasi cacar kalo gak salah. Ceritanya begini

Waktu itu, kata teman yg baru di suntik, "ah...gak sakit, rasanya kayak digigit semut". waktu itu dia ngomong sambil ketawa, jadi kesan-nya meyakinkan banget. Beliau ini lah yg duduk paling kiri pake kaos hitam di foto dalam postingan sebelum-nya(di bawah). Tapi waktu disuntik...uwaaa.....sakiiiit euy.

Tapi untunglah kali ini gak sakit sama sekali, mungkin jarum nya yg halus, atau syaraf saya aja yg lagi error . He..he..padahal udah takut duluan wekekekek, kayak mau di eksekusi aja ha..ha...

O iya, hari ini bapak saya ulang tahun, "Selamat Ulang Tahun pak......semoga panjang umur & sehat selalu" amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.

23 November 2007

Di warung

Waktu mudik beberapa bulan yg lalu, ketemu lagi dengan kawan2 lama. Kawan sekampung, waktu jaman SD & SMA. Ada yg udah jadi pegawai negeri, polisi, ada juga yg masih setia jadi mahasiswa (termasuk saya) he..he..

Foto yg di atas itu, waktu nongkrong bareng di warung. Ngerjain cewek yg lewat, soalnya gak berani kalo sendirian, wekekekek. Waktu itu hujan deras, jadi kita milih berteduh sambil meramaikan warung. Kadang2 jadi "virtual cashier" (= kasir semu), nungguin pembeli. Pas di tanya "ini harganya berapa?"........ bingung sendiri, sambil manggil ibu yg jualan.

Mmm.....asik bener emang ngumpul bareng kawan2 lama di kampung. Tapi, menurut firasat gw, kayak-nya diantara mereka udah ada yg sebentar lagi mau nikah. Wah....kalo semua pada nikah, ntar gw nongkrong sama siapa dong oi....? wekekekek.

17 November 2007

Takoyaki

Minggu ini lumayan lebih sibuk dari minggu2 biasa. Biang kerok nya adalah gara2 ada ujian akhir elektromagnet, beserta tumpukan PeEr & laporan yg deadline nya makin mendesak.

Tapi alhamdulillah di-tutup dengan khusnul khatimah (=akhir yg baik). Tadi sore pulang sekolah, singgah dulu di lab kawan, bantu2 motong kabel buat persiapan acara besok. Sekalian main kartu wekekek (lab kok dipake main kartu ha..ha..mumpung weekend). Karna lawan nya adalah cewek, jadi saya pura2 kalah aja (di baca : "kalah melulu") wekekek.

Nah abis itu, masuk lah ke acara inti yaitu "makan malam". Kali ini menu nya is "takoyaki". Bertiga kumpul duit, beli bahan & pinjam alat. Sebenarnya gak begitu yakin bisa berhasil, soalnya masih amatir sih, terutama saya yg hanya spesialis "makan". Tapi untung ada kawan yg lumayan bisa, walaupun belum profesional. Modal nya 300 yen per-orang plus modal nekat ha...ha...

Setelah dicoba.....mmmm ueeennnnaaak. gak nyangka dengan duit segitu kita bisa makan kenyang sepuas-nya. Kalo ke warung nya sih. 300 mah hanya cukup buat bayar bis. Cocacola dingin jadi penutup acara inti ini, glek..glek...glek....segerrrrr.

11 November 2007

Fatamorgana

Di hari yg terik....jauh di ujung jalan ber-aspal (bukan puisi lho he...he.. ) sering terlihat sesuatu yg mirip genangan air. Padahal sebenarnya gak ada genangan air di situ. Trus kok bisa muncul di situ?

Jawaban singkat nya adalah "karna terjadi pembelokan arah rambat cahaya". Mau tau cerita singkat-nya?

Di siang hari yg terik, aspal menjadi panas. Udara di dekat aspal juga akan ikut2an panas trus akan memuai sehingga kepadatan udara pun mengecil. Sementara udara di atas-nya (di atas udara yg panas tadi) gak begitu panas, kepadatan nya pun gak begitu berubah. Akibatnya terjadilah "perbedaan kepadataan molekul udara" antara yg dekat aspal dengan yg di atas-nya lagi.

Nah....perbedaan ini yg menyebabkan cahaya berbelok. Cahaya yg sudah berbelok tadi masuk ke mata kita. Mata kita akan selalu "mengira" bahwa cahaya pasti datang dengan lintasan lurus. Akhirnya terlihatlah sesuatu yg sebenarnya gak ada di situ. Yang kita lihat itu adalah sebagian langit atau pemandangan sekitar.

Seperti air, karna seakan2 dia memantulkan warna pemandangan sekitar. Bergerak2 karna, kepadatan molekul udara yg selalu berubah2.

05 November 2007

Apel Aomori

Sabtu minggu kemarin, di ajak pak guru bantu2 panen di kebun milik-nya & milik kakak-nya di salah satu daerah di Aomori prefecture (provinsi). Aomori pref. ini merupakan penghasil apel terbesar di Jepang. Sebenarnya Hachinohe (t4 saya skarang) juga bagian dari provinsi ini, tapi jarang ada kebun apel nya. Yang rame itu....di daerah sebelah barat misalnya hirosaki, hirakawa, goshogawara dll. Luas nya minta ampuuuun wekekekek.

Kata pak guru, metik apel itu harus hati2, perlakukan seperti telur wekekek......aya' aya' wae. Ya saya sih ikut perintah, diusahakan hati2 seperti megang granat (lebih ngeri dari telur) huahahaha. Panen nya rame2 dengan keluarga besar nya beliau. Lihat dari umur.....banyak yg udah tua, tapi masih kuat kerja. Apa gara2 tiap hari makan apel ya? wekekek.

Di perjalanan pulang, ngambil rute lewat gunung sambil menikmati pemandangan musim gugur. Kombinasi kuning & merah daun + langit yg biru.....cuakeppp bennerrr.

29 Oktober 2007

Malas ngunci pintu

Anak2 asrama t4 saya tinggal punya kebiasaan buruk "malas ngunci pintu". Bukan gara2 lupa, tapi memang karna malas. Dari pihak pembina asrama sendiri sudah berkali2 memperingati "kunci pintu kalo sedang gak ada di kamar". Nah beberapa bulan yg lalu, ada siswa yg kehilangan barang, lumayan mahal sih, tapi pencuri nya gak ketemu2 juga.

Waktu itu hampir disetiap pintu ditempel peringatan "kunci pintu". Lumayan bisa bikin anak2 jadi sedikit lebih hati2, tapi sebagian.... tetap "melestarikan tradisi" gak ngunci pintu.

2 bulan berlalu, pihak pengelola asrama mengumumkan "semua pintu kamar akan dipasangi autolock". Mendengar itu, terbayang "pintu kamar saya yg dari kayu itu mau dipasangi autolock? rasanya ada kesenjangan teknologi deh wekekek". Budget proyek pemasangan ini lumayan gede, puluhan juta. Semahal itukah harga "kemalasan" ?. Tapi biarlah, bukan duit saya wekekek.

Akhirnya skarang udah terpasang, "kesenjangan teknologi" yg muncul gak separah perkiraan saya, karna kunci nya gak mewah2 amat. Lumayan praktis, gak perlu bawa kunci kamar lagi kemana2.

Tapi kalo ingat puluhan juta nya, kasian juga ya.....hanya gara2 "em, a, el, a, s.......malas" . Sukur2 pintu wc gak ikut dipasangi huahahaha penyiksaaan tuh he..he...

25 Oktober 2007

Langit kok biru?

Kalo ada orang nanya ke anda, pertanyaan di atas, kira2 jawaban nya apa?. Kalo saya jawabnya "aya' aya' wae, kalo gak biru bukan langit dong wekekek".....benar2 jawaban singkat, padat, jelas dan tak berisi ha..ha..Tapi ternyata ada jawaban serius lho tentang ini.

Molekul2 udara di atmosfir menghamburkan sebagian sinar matahari yg datang. Semakin pendek panjang gelombang, semakin mudah ia dihamburkan.

Sinar matahari yg kelihatan putih ini sebenarnya merupakan perpaduan dari sinar2 dengan panjang gelombang yg berbeda-beda. Sinar biru dan ungu adalah yg paling pendek panjang gelombang-nya. Nah warna ungu dan biru yg dihamburkan inilah yg masuk ke mata kita. Mata kita ternyata lebih peka terhadap warna biru daripada warna ungu, jadi yg terlihat adalah warna biru.

Peristiwa penghamburan cahaya ini dikenal dengan nama "Rayleigh Scattering". Ini juga yg menyebabkan langit terlihat kemerah2an saat matahari akan terbenam. Saat itu, jarak yg ditempuh sinar matahari untuk sampai ke mata kita akan lebih panjang (sinar matahari harus menembus atmosfer bumi dari arah samping untuk sampai ke mata kita). Sebagian besar sinar biru sudah habis terhamburkan. Yang tersisa adalah sinar dgn panjang gelombang yg lebih besar yaitu sinar merah beserta keluarga-nya.

22 Oktober 2007

Festival Sekolah

Akhir nya festival di sekolah selesai juga. Tahun ini lebih rame dibanding tahun kemarin, mungkin karna cuaca yg mendukung.

Malam nya di isi acara pentas seni. Ada yg nyanyi, tapi kebanyakan pentas komedi. Kayaknya anak2 lebih suka nonton yg lucu2 wekekek.

Ada juga undian berhadiah....kemarin hadiahnya antara lain "new PSP lengkap dengan TV tunner", "ipod", "portable dvd player", "digital camera" dst....(sekolah tekor berapa ya? wekekek ..... yg penting rame). Tadi malam di tutup dengan acara kembang api di lapangan sepakbola sekolah (sponsor nya sekolah juga.....gak bangkrut nih???). Lumayan bagus he...he...

Dari "departemen setrum" sendiri....ada pertunjukan kecil2an, seperti: percobaan halilintar, superkonduktor, aibo, dll. Departemen lain . tekim, sipil, mesin juga pada rame.

Skarang balik lagi seperti hari2 biasa, ke sekolah, ngerjain PeEr, praktikum, penelitian dan segala macam. Agak males sih....tapi harus rajin, kalo gak.....bisa2 gak lulus nih wekekek.

19 Oktober 2007

Jadi Mandor Lagi

Hari sabtu & minggu nanti di sekolah bakal ada festival sekolah. Kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun. Kegiatan nya beragam, mulai dari pameran di tiap2 lab, lomba karaoke, band, dan lomba2 lain nya.......ada juga yg jualan wah...pokoknya pesta besar2an deh (duit nya juga gede...belum tau budget tahun ini berapa....ntar cari2 berita dulu he..he...).

Lab t4 saya "nongkrong" juga rencana nya bikin pertunjukan kecil2an buat pengunjung. Teman2 sekelas, sebagian ada yg bikin "pop corn" , trus ada juga yg mau bikin "rumah hantu" . Nah sebagian lagi ada yg bakal tampil di pentas drama. berhubung kekurangan anggota, saya dipaksa ikut di situ. Sebenarnya saya alergi abizzz dengan yg namanya "tampil di panggung". Tapi gara2 kata2 "ini kan tahun terakhir kita di sekolah......ayo dong !!!" ya...terpaksa deh....dengan syarat "peran yg paling gampang, cepat & gak ngomong" wekekek (asli katro nih)

Sebenarnya tugas utama saya di festival kali ini...jadi "mandor kare". Gak bisa bikin kare...tapi jadi mandor....nah lo? Tenang..tenang hadirin......anak buah nya jago bikin kare kok....wekekek. Ini bakal jadi yg ke 3 kali jadi "mandor kare". Sebenarnya mandor itu gak ada gunanya sih....sekedar jadi penerus info dari panitia inti ke unit pelaksana, merangkap penanggung jawab, merangkap bantu2 iris bawang, potong daging ayam, masak nasi & angkat ini angkat itu wekekek.

17 Oktober 2007

Dilarang Ketuk Pintu!

Gimana kalo ketuk pintu itu bikin tuan rumah jadi gugup? Wekekek kedengaran nya agak aneh, tapi itulah yg terjadi di asrama t4 saya tinggal.

Waktu awal2 datang di sini, saya selalu ketuk pintu sebelum masuk kamar kawan, tapi heran nya...tiap saya masuk, komentar nya "jangan ketuk pintu dong!" lho....? piye to? (latihan bahasa jawa dikit2 he..he..)

Ternyata, kalo kita ketuk pintu...ntar dikira "pak guru" (kalo guru biasanya ketuk pintu dulu), jadi bisa bikin kaget orang sekamar ha...ha... kayaknya mereka takut ketahuan lagi maen atau gak belajar atau malah tidur2an.

Tradisi ini udah turun temurun dari jaman dulu, tdk ada kesepakatan tertulis, tapi semua mematuhi aturan ini sebagai "undang undang tidak tertulis asrama" he..he.. sebab dengan begitu...kita bisa membedakan mana kawan mana lawan (lho..???maksudnya pak guru he..he..) Saya jadi ikut2an juga, tapi kadang2 sengaja ngetuk pintu buat ngerjain mereka wekekek...

But jangan khawatir, di luar asrama, anak2 pada ketuk pintu kok. He..he.. "aya' aya' wae (ada ada aja)"

04 Oktober 2007

Hari Raya yg beda

Dengar2 idul fitri tahun ini bakal beda lagi. Idealnya sih lebaran bareng2 kan yak?, tapi kalo emang jadi 2 yah...apa boleh buat. Toh pihak2 yg menentukan hari raya itu juga gak main2. Beliau2 ini punya dasar masing2 yg mereka yakini.

Trus kita gimana dong? ya biasa aja lah....ikut aja yg mana yg kita yakini. Tidak perlu saling menyalahkan, sebab itu hanya akan menyakiti perasaan orang. Kan gak lucu.....abis ibadah puasa kok langsung bertengkar wekekek. bukan-kah puasa itu memperindah akhlak?

Kalo pinjam gaya bahasa nya om Ebiet "Mungkun Tuhan"... mungkin Tuhan akan memilih mengampuni kita yg salah ber-hari raya-......daripada mengampuni kita yg bertengkar gara2 hari raya.

Ini cuma bahasa kiasan......bagi Tuhan sih gak ada yg namanya pilihan, Dia berhak atas segala sesuatu, wong bumi langit plus isinya punya Dia kok. Trus Masalah hari raya....mm kalo dipikir2...sebenarnya bukan masalah "benar" atau "salah", tapi lebih ke "yakin yg ini" atau "yakin yang itu".

Daripada pusing2 mikirin hari-raya yg beda.....mending mikir gimana memanfaatkan sisa2 ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. betul tidak? buat kawan2 blogger yg mudik.....hati2 dijalan ya! & met lebaran.

28 September 2007

Delapan ?

Hore.....pekan UAS selesai hari ini.....merdeka.. merdeka... wekekek..Beberapa hari yg lalu, dapat PR dengan tema "eight random fact/habits" dari Didiet, Nugi, dan Mas Harrie. Untuk menghindari "tumpukan PR", jadi cepat2 dikerjakan.

Aturan main nya sbb:
1. Each blogger must post these rules
2. Each blogger starts with eight random facts/habits about themselves
3. Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their eight things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose eight people to get tagged and list their names
4. Don't forget to leave them a comment telling them they've been tagged and to read ur blog.

Jawaban:
1. Gak begitu suka ke perpustakaan
Ke perpustakaan hanya untuk nyari bahan buat laporan, kalo inisiatif mencari bahan bacaan atau apa "no way", kecuali baca majalah ASCII (majalah ttg komputer) & Newton (majalah science) walaupun rada2 gak ngerti...setidaknya ada banyak gambar/foto nya.

2. Gak doyan komik
Walaupun udah nongol di negeri yg penuh komik ini....kok gak muncul minat untuk baca komik ya? Mungkin gara2 waktu kecil sering baca komik yg gak ada lanjutan-nya.....jadi cerita hanya2 setengah2, jadi nya udah deh, mending gak usah baca, toh gak bakal tahu ujung cerita nya gimana....satu lagi faktor penyebab nya adalah....kalo lihat gambar misalnya naruto di komik.....lama banget ngebayangin gerakan nya gimana ya? Gimana keren nya waktu dia masang Rasengan..dll.pokoknya susah ah.

3. Suka dgn hal2 yg berbau komputer (ada bau nya gitu?)
Terutama ttg hardware, seperti info2 terbaru ttg CPU, Graphic Board, HDD dll.......kalo software...mmm lumayan lah dikit2 suka.

4. Lebih suka fisika daripada matematika
soalnya di matematika...cerita nya dikit sih.....tau-tau angka2 yg ada di suruh jumlah lah...kali lah...ini lah, itu lah....dan memang sepertinya tujuan utama nya adalah untuk "senam otak" kali ye....? Kalo fisika, ada ceritanya, kenapa kok dijumlah, kenapa mesti dibagi.......jadi lebih menarik gitu (menurut saya). Yang lebih menarik lagi dari situ.....angka2 dan rumus2 itu terasa seperti ngomong sesuatu ke kita.....misalnya: berat benda yg bergerak sangat amat cepat banget mendekati kecepatan cahaya itu, ternyata bertambah, makin cepat..makin berat..dan akhirnya gak akan bisa lebih cepat dari cahaya. Padahal kita nggak pernah bawa timbangan buat ngukur benda secepat itu. Aduh.....kepanjangan nih.....kembali ke laaaaptop

5. Bisa main gitar tapi gak punya gitar
Waktu SMP belajar main gitar nya dari tetangga sebelah yg punya gitar, waktu SMA minjem gitar sekolah (asrama sih), sampe sekarang gak punya gitar, hampir beli sih, tapi gak jadi wekekek. Pernah bercita2 jadi gitaris.....tapi gak jadi....main nya katro banget sih.....wekekek

6. Senang ngobrol dengan anak kecil, sampe dengan kakek2.
Anak kecil di sini......mulai umur 3 tahun lebih dikit (mulai bisa ngomong).....senang sekali ikuti cara anak2 kecil berpikir...caranya gampang, bikin pertanyaan "kenapa begini, kenapa begitu, padahal ini begini dan itu begitu", walaupun tema nya gak karuan wekekek....kalo dengan org dewasa + yg tua2.....nah ini dia ladang pengalaman. Tentang cerita zaman dulu waktu penjajahan, trus waktu belum ada listrik, belum ada tv, dll termasuk cerita "kakek waktu muda dulu" he...he... Dengan yg sebaya....wah2 ini yg paling nyambung, hidup se-zaman sih ya he...he...

7. Sering bingung sendiri dalam toko
Misalnya beli souvenir.....ini bagus itu bagus...milihnya lama....pas udah jatuh pilihan, sering sekali saya bertanya dalam hati...kenapa saya pilih yg ini? apa hebatnya ini daripada yg itu? wah...pokoknya repot deh....kadang2 sampe keringatan mikir lamaaa....... hal ini juga terjadi saat mau beli baju.....jadi harus bawa dewan juri dulu, terutama yg golongan darah O, karna katanya pandai memilih...he...he...(bener gak sih?)

8. Punya tujuan wisata yg aneh.
Tujuan wisata saya yg utama adalah "akihabara" (the electric town). Umumnya wisata itu..ke laut, gunung, lihat pemandangan alam. Tapi bagi saya "ah yg itu mah biasa.....di rumah juga ada (maksudnya rumah di kampung)". Gimana kalo wisata nya ke pusat belanja barang elektronik? objek nya adalah.....barang2 elektronik baru sambil nge-cek harga, tapi gak beli......ngeliat doang.....sukur2 kalo bisa dicoba wekekek......gak punya modal sih ha....ha......

Yup.......saya rasa & sangat yakin postingan kali ini kepanjangan......wekekek, thanks buat yg udah sudi baca...yg gak sempat.....itu sangat dapat dimaklumi....panjang sih ye....wekekek

tongkat estafet Pe-eR ini saya kasih ke:
Adite Bunda Aulia Fani HK Jul Ranny Syam Zhenn

sebenarnya gak tega sih ngasih Pe-eR, gak dikerjain juga gak apa2 kok, ini kan hanya permainan.

22 September 2007

Sepuluh atau Sebelas?

Mmmm ramadhan 10 hari pertama udah lewat, kok cepat banget sih? dan kebetulan hari ini, bertepatan dengan ulang tahun ku "yg versi kalender hijriyah". Kata ibu, gw lahir waktu ramadhan hari ke 10 pas beduk tanda buka puasa. Jadi masuk tanggal 10 apa 11 ramadhan ya? mmm supaya adil, tanggal 10.5 ramadhan deh, dengan asumsi kepala gw lahir tanggal 10, kaki gw lahir tanggal 11 wekekek beda 1 hari hi...hi...

Kebetulan sekarang lagi minggu2 UAS, sedikit lebih sibuk dari hari biasa. Ada 4 mata pelajaran yg udah beres, dan yg paling susah diantara-nya adalah ujian sejarah wekekek. Tema nya sih cuma 4, yaitu Perang Dunia 1, the Great Depression (kalo diterjemahkan jadi apa ya? kalo saya sih....ngarti-in nya "panik sekali" wekekek....maksa deng), trus..Jerman & Jepang di era 1930-an, dan terakhir....Perang Dunia 2. Tapi susah susah ngapalin semua.....

Soal nomor 1, beda perang jaman dulu, dengan perang dunia 1. Wah kalo ini gampang, perang zaman dulu...pake kuda, pake pedang, trus lari2 gitu kayak film 300. Kalo Perang Dunia 1, udah lebih modern, pake tank, gas beracun, kapal selam. Trus kalo PD1, orang2 sipil juga ikut berperang, karna di suruh sama pemerintah nya. Trus 1 lagi di PD1 banyak yg meninggal sekitar 9 juta jiwa.

nomer 2....jelaskan ttg konsep komunis? waduuuuh....."mene ke tehe" ya akhirnya mengarang bebas deh wekekek. nomer 3....kenapa New Deal di anggap sebagai sbg salah satu peristiwa penting dalam sejara? ye....ini juga sama "mene ke tehe".

Nomer terakhir....Apa penyebab Jerman & Jepang menyerang negara2 lain waktu jaman PD2....mmm kalo jerman sih, gara2 terlalu menderita setelah kalah di PD1, & kebetulan bang Hitler yg jadi boss nya, jadi ganas gitu deh....kalo jepang, kenapa ya? itu kali ya.....pengen memperluas kekuasaan kali, supaya gak kalah dengan inggris, prancis yg punya banyak tanah jajahan. Wuih...pokoknya mengarang bebas deh, semoga nilai nya gak jelek2 amat.

O iya terakhir dapat PR "delapan" dari didiet, ntar gw kerjain deh...sambil lihat2 siapa mangsa berikut nya wekekek.

16 September 2007

Ramadhan di Hachinohe

Ngomong2 ttg bulan ramadhan......pasti ada suasana khas yg bikin kita merasa "eh udah bulan puasa yak" , misalnya orang2 jadi tambah rajin ke masjid, tarawih rame2 dll. Kalo di kampung biasanya ada "kegiatan" bangun-membangunkan waktu sahur...bisa pake kaleng lah, tiang listrik lah (loh...penyalahgunaan tiang listrik wekekek). Begitu juga tayangan2 tv yg hampir semua bertemakan "ramadhan" termasuk harga barang yg naik hu...hu.... Walaupun tidak semua-nya berhubungan langsung dengan ibadah puasa itu sendiri, tapi yg begini2 inilah yg bikin kita merasa "eh bulan puasa yak".

Nah....kalo di t4 saya, kebetulan sendirian nih yg muslim di kota ini. Sudah barang tentu nggak ada suasana seperti di atas tadi. Semua seperti hari2 biasa, kegiatan di sekolah seperti biasa, beda nya adalah sarapan saya jadi lebih cepat (sahur), makan siang saya di tunda beberapa jam saja sampai waktu berbuka. Untuk kota2 besar seperti tokyo yg punya komunitas muslim, biasa nya banyak acara buka bersama, taraweh berjamaah, dll. Jadi sedikit banyak ada "suasana" nya walaupun gak se-semarak di Indonesia sih. Itu juga sih salah satu faktor yg bikin saya ngambil universitas di daerah tokyo untuk lanjut sekolah tahun depan insyaAllah.

Tapi tanpa "suasana" tadi itu.....ramadhan tetap lah ramadhan, bulan penuh rahmat dan ampunan. Yang celaka itu kan bukan Ramadhan tanpa suasana , tapi Ramadhan tanpa puasa + ibadah lain nya....kan? wekekek. Kalo taraweh gimana dong? Ooo tenang aja, saya yg jadi imam merangkap makmum. Kalo dengar ceramah? kalo itu bisa lewat radio internet.

Kok jadi rada2 sedih gitu ya.....eh maksud saya bukan mau mengadu nih....tapi mengajak kawan2 blogger khususnya yg muslim supaya sama2 lebih rajin lagi ibadah nya. Saya juga gak mau kalah dengan anda2 yg berpuasa lengkap dengan "suasana" tadi itu. He..he... (saya lagi pura2 soleh nih wekekek).

07 September 2007

Siapa yang nyapu?

Hari ini, sekolah lebih cepat usai dari biasanya. Ada badai yg sedang menuju ke utara, dan diperkirakan akan melintasi Hachinohe malam ini. Lihat di televisi, banyak kerusakan yg diakibatkan badai ini. Makanya semua lagi waspada, di sekolah, murid2 segera disuruh pulang, takut nanti ada apa2 di jalan or bakal gak bisa pulang karna mungkin kereta juga akan berhenti menunggu cuaca membaik.

Saya sendiri pulang paling akhir sebab masih ada PR yg harus diserahkan hari ini juga, selain itu berhubung tinggal di asrama sekolah jadi gak perlu takut badai, dekat sih he..he.... Setelah nyerahin PR ,seperti biasa saya pulang lewat koridor lantai 2. Sepi karna semua udah pada cabut,...... saat melintas di depan ruang kelas 2.....terdengar bunyi sepertinya ada yg lagi bersih2. Ku coba menoleh sejenak....eh ada satu orang yg lagi nyapu di kelas.

Wekekek tanpa sadar gw tertawa sendiri soalnya yg lagi nyapu itu ternyata pak guru. Lengkap dengan dasi, dengan sapu di tangan kanan, sedikit jongkok mencoba bersihkan kolong meja anak muridnya. Pemandangan yg dibilang lucu juga nggak, dibilang wajar juga nggak. Dalam hati...."kok pak guru sih yg nyapu? ini....muridnya yg manja atau ... pak guru nya yg terlalu baik hati sih?" wekekek.

Wali kelas saya, gak pernah tuh nyapu kelas, walapun kelas E-5 (elektro kelas 5) ini merupakan kelas terkotor di sekolah. Jarang banget nyapu & sudah jadi langganan kena teguran dari sekolah. Setiap pak guru membacakan surat teguran dari sekolah, semua nya pada ketawa termasuk pak guru nya wekekek, nah abis itu baru kita nyapu rame2. wuih.....sepertinya ada sedikit rasa bangga jadi kelas terkotor....emang sih kebiasaan buruk, tapi mo gimana lagi...saya sih ikut arus aja (alasan pemalas) wekekekek.

28 Agustus 2007

Saya Balik Lagi

Pertama2...mohon maaf udah sebulan kagak muncul2 nih. Sebulan ini gw pulang kampung men. Kebetulan ada libur musim panas. Sengaja nggak ngasih tau dulu untuk menjaga jgn sampe rencana ini sampai di telinga bapak ibu di rumah he..3x (supaya jadi surprise gitu). Baru sampe tadi malam sekitar jam 10 an. skarang nginap di asrama teman di tokyo.

Wuih...liburan-nya asiiiik banget, sampe2 gak pengen balik sini lagi. Cerita kali ini sekedar flash back doang ttg liburan kemarin.

Mendarat di Jakarta 27 Juli lalu. Main di jakarta beberapa hari, ke blok M ketemuan ma teman2, trus ke mangga dua buat beli HP murah, 300 ribuan he..3x yg penting bisa dipake. Trus sempat juga main ke IPB bogor, nengok adik di sana yg baru masuk tahun ini. Kampus nya bagus euy, banyak pohon nya. Sempat juga mampir di SMU dwiwarna di Bogor, wuih keren bener sekolah nya.

Dari Jakarta...melanjutkan perjalanan ke Semarang pake Kamandanu dari Gambir. Seperti biasa mampir juga di kawasan "simpang lima" nya he..3x. Semarang makin cakep aja, kebetulan waktu itu ada SPA (Semarang Pesona Asia). O iya, sempat jg lihat mas Tukul Arwana yg lewat dengan rombongan nya. Waktu itu empat mata hadir di semarang, tema nya kalo gak salah "tukul pulang kampung" kayaknya.

Dari Semarang, main ke jogja lihat2 Malioboro, beli sendal di toko mirota (wekekek jauh2 beli sendal). Sehari doang sih, abis itu langsung balik semarang lagi.

Trus dari semarang, brangkat ke Bandung ngantar adik kelas daftar ulang di IhTeBe, sekalian nostalgia sebentar dengan kawan2 lama. Udah swasta semua (swasta=mahasiswa tingkat atas, wekekek). Bahkan ada yg udah lulus, selamat ya! Kampus ini juga makin cakep...lapangan basket udah ada tribun nya, trus beberapa gedung baru telah berdiri di sana. Ikut bantu2 juga nyari kos di daerah dekat kebun binatang samping kampus itu, berikut perabot nya yg sebagian besar di beli di pasar balubur dekat2 situ.

Dari bandung, balik lagi ke semarang pake Harina. Kok semarang lagi? wekekek...barang2 bawaan semuanya ada di semarang soalnya. Trus di sana bisa tinggal di asrama baru he..3x.

Dari Semarang, terbang ke kampung halaman, Gorontalo. Transit di jakarta & makassar. Ketemu ibu, bapak, adik alhamdulillah sehat semua. Masakan ibu tetep nomor satu, paling enak sedunia (versi saya he..3x). Ketemu juga dengan teman2 lama, teman sekampung, sepermainan he..3x. ada yg udah kerja jadi pegawai, ada yg kuliah, ada juga yg masih jadi "pengacara" (pengangguran banyak acara) wekekek. Yang udah kawin juga ada he..he..

O iya di gorontalo sempat juga ketemua dengan salah satu blogger ternama, bang pay si Babunegara. Sebelum memboyong istri nya pulang ke ternate. Selamat deh buat bang pay, saya Turut berbahagia atas berakhirnya status"jomblo geografis".

Menikmati suasana kampung halaman....mmmm tenaaaaang sekali, damai.........wah pokoknya enak banget rasanya kalo di kampung sendiri.

Setelah 2 minggu lebih berada di kampung, tibalah saat nya daku pergi lagi. Pulang ke negeri ninja. Koper barang yg hanya 25 kilo itu terasa beraaaat banget buat di tarik. Saking gak pengen pulang nya he...3x. Tapi tetep harus pulang, liburan telah usai.

Dari Gorontalo, terbang ke jakarta, singgah sebentar di IPB bogor, nengok adik lagi, trus besoknya berangkat meninggalkan tanah air tersayang wuih.....sedih euy. Yah gak apa2, kapan2 gw balik lagi.....amiiiin.

Cerita kali ini terlalu panjang....maklum pengen nebus dosa nggak update sebulan he..he.. o iya thanks buat kawan2 blogger yg udah sempat datang, kunjungan balik-nya tetap saya usahakan.

25 Juli 2007

Panas-nya CPU

CPU (central processing unit = tempat data diproses dalam sebuah komputer) punya musuh besar yg namanya "panas". Seiring dengan makin hebatnya kinerja sebuah CPU, panas yg dihasilkan nya pun semakin besar. Kok bisa panas ya? Begini ceritanya

Di dalam sebuah CPU terdapat rangkaian listrik. Secara umum semakin banyak rangkaian maka semakin bagus kinerja nya (kinerja di sini maksudnya kecepatan mem-proses data). Jadi rangkaian nya dibikin sekecil mungkin, supaya bisa diperbanyak. Dengar2 emang kecil banget sih, jarak antar device nya 65 nanometer. (1 nanometer itu 50 ribu kali lebih kecil dari diameter rambut manusia). Pokoknya padat penduduk deh wekekek.

Waktu arus listrik mengalir melewati rangkaian ini, elektron2 logam dalam rangkaian yg notabene adalah logam dan semikonduktor ini akan bergetar. Nah muncullah panas (energi kalor/panas dilihat secara mikro). Panas yg di hasilkan lumayan gede...sanggup untuk menghancurkan CPU (bunuh diri nih wekekek). Makanya selalu dilengkapi heat sink + kipas. Nah si kipas ini yg membuat komputer kita ribut/bising.

Di majalah yg saya baca, energi panas yg dihasilkan CPU (setiap satuan waktu dibagi dengan luas permukaan, satuannya Watt/cm2) sama dengan panas yg muncul di permukaan tabung reaksi nuklir (bukan tabung sih, sumur kali ye.. ) .

Tapi menurut saya, majalah ini membuat perumpamaan yg malah sulit dimengerti, harus nya dibandingkan dengan panci kek, wajan tempat menggoreng kek, apa kek yg gampang2 hi..hi..

------------------------------
Mohon maaf untuk sementara waktu belum bisa kunjungan balik ke blog nya kawan2. Mungkin 3 minggu kemudian baru bisa. Harap maklum
------------------------------

24 Juli 2007

PLTN ?

Dari sisi konstruksi bangunan , stasiun pembangkit listrik ... boleh di bilang merupakan konstruksi bangunan terkuat & terkokoh di muka bumi. Soal radiasi, malah lebih aman dari radiasi alami. proses Reaksi nuklir nya pun diatur secara otomatis untuk memperkecil potensi "human eror". Kasarnya 98% aman.......begitu penjelasan yg saya dengar waktu study tour di salah satu stasiun pembangkit di Fukushima. Anda percaya?

Kalo saya sih....percaya tapi masih ngeri juga wekekek. alasannya begini...... Kan bahan bakar nya adalah Plutonium dan Uranium. Nah mas plutonium dan mbak uranium ini harus di angkut dulu mungkin dari kapal terus di angkut pake becak, (eh salah....pake truk kali ye) sampe ke stasiun pembangkit.

Nah ini dia yg ngeri wekekek. Coba bayangin....lagi enak2 naik becak....trus di sebelah kita ada becak yg lagi ditumpangi bang plutonium & mbak uranium wekekek......no thanks ya! Oke lah kalo bang plutonium nya selamat sampe tujuan, kalo tumpah di jalan gimana? masa' kita harus nge-pel rame2 wakakakak. Ya...kasusnya sih mirip naik pesawat.....kalo takut jatuh....ya gak naik2 nanti hi...hi...

Kenapa mesti Tenaga Nuklir. Jawabannya adalah : efisien dan ramah lingkungan. Ramah lingkungan di sini maksudnya gak ada CO2....yg ada hanya uap air. Kalo efisien... 1 gram banding 3000 ton (teori nya sih , energi yg dihasilkan dari 1 gram masa yg hilang waktu reaksi nuklir...sebanding dengan energi yg dihasilkan saat membakar 3000 ton batu bara). Benar2 tawaran yg sangat menggiurkan.

Dengar2 Indonesia punya rencana juga bikin PLTN. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi & indsutri, kebutuhan akan listrik pun akan naik. Dengan fasilitas yg ada sekarang.....bakal gak bisa memenuhi kebutuhan. Wuih...ngomong kayak menteri gini...wekekek.

Cepat atau lambat, kayaknya kita bakal punya stasiun pembangkit model ini. Kalo saya sih berharap....jangan cepat2.....di lambat2kan saja, nanti kalo udah benar2 kepepet wekekek.

Kan kita masih punya minyak, batu bara, banyak deh ...he..he..mmm indonesia ini memang kaya raya euy, tapi heran masih ada saja yg kelaparan seperti saya wekekek.

18 Juli 2007

Mana Batrei nya?

Hanya dengan mendekatkan sebuah kartu IC ke mesin pembaca yg ada di pintu masuk stasiun kereta, kita bisa masuk dengan mulus, tanpa harus repot2 antri beli karcis. Inilah salah satu aplikasi teknologi "contactless IC Card" yg dikembangkan SONY Corp.....yg diberi nama Felica

Bentuk-nya mirip kartu ATM, tapi cara kerjanya yg berbeda (begitu kata orang). Di dalam kartu ini ada chip IC yg fungsinya untuk menyimpan & memproses data. Juga ada antena...yg fungsi nya buat nangkap sinyal elektromagnet dari Mesin pembaca.

Eh....tadi katanya ada IC di dalam kan?.....trus batrei nya mana? darimana dia bisa dapat energi buat memproses data? ..... ya seperti kita2 ini, kalo gak makan, gimana bisa kerja? wekekek

Jawabanya mungkin udah tahu semua....waktu SMP SMA pernah nyoba / pernah dengar /pernah baca kan , kalo magnet di gerakkan di dalam kumparan, maka akan timbul arus listrik. Nah gejala inilah yg di manfaatkan kartu tadi sebagai power supply.

Sebenarnya antena yg ada di dalam kartu itu berbentuk kumparan tipis melingkar mirip lintasan lari di sekeliling lapangan bola dalam stadiun.....(ingat sebentar lagi TimNas kita mau lawan Korsel, mari kita dukung....hidup indonesia!!!).

Magnet nya?...sebagai pengganti magnet yg bergerak2....di gunakan lah gelombang elektromagnet yg dipancarkan oleh mesin pembaca. Kan gelombang elektromagnet itu sebenarnya hanya merupakan perpaduan medan magnet & medan listrik yg berubah2.

Nah nanti...gelombang elektromagnet ini akan bertabrakan dengan antena tadi (emangnya kecelakaan?) dan timbullah arus listrik. . mmm jadi yah mirip2 lah he...he....(maksa ya?). Energi listrik inilah yg dipakai si Chip IC tadi untuk bekerja.

Waktu SMP atau SMA.....mmm soal aplikasi magnet jadi listrik dan sebaliknya, yg kepikiran itu cuma 2 aja. Kalo bukan "generator listrik" ya "dinamo" dong wekekek. Eh ternyata dipake juga di kartu setipis itu ya? wah..wah..ternyata pelajaran IPA SMA itu bukan hanya sekedar "isi rapot" doang ya ha..ha...

Soal bagaimana chip itu bekerja? bagaimana data bisa berpindah?....mari kita tanyakan pada yg berwajib (sebab saya benar2 kagak ngarti wekekek). Pengen tau lebih dalam tentang Felica baca di sini

14 Juli 2007

Gak Jadi Jalan

Hari ini sebenarnya jadwal kegiatan "Arukidamesi", kegiatan tahunan Asrama, jalan kaki dari sekolah sampe pantai "tanesashi", jarak tempuh 24 kilometer. Start pukul 3.30 dini hari. Nah di pantai nya nanti bakal ada barbeque. Seluruh anak asrama wajib ikut wekekek ... (kerja paksa kali) maklum, kegiatan ini sudah jadi tradisi turun temurun penghuni Hokushin (nama asrama sekolah).

Tapi berhubung cuaca buruk......kegiatan kali ini di cancel .....horeee !!!!. Diganti dengan acara barbeque di sekitar sekolah. Nah gitu dong....langsung ke acara inti nya wekekek. Mmm ternyata tidak semua yg buruk2 itu selalu merugikan ya. Buktinya...cuaca buruk membuat anak2 asrama gak jadi jalan jauh. he..he..

Sudah 2 kali saya ikut kegiatan ini (dengan terpaksa sih wekekek). 24 kilometer....memang bikin kaki pegel. Gak cuma itu......kerusakan akibat bencana ini pernah merambah sampai ke kaos kaki. Kaos kaki tua yg memang hampir bolong di bagian tumit, jadi bener2 bolong men wekekek.

09 Juli 2007

Juara 2 dari belakang

Akhir nya turnamen Kendo antar college (postingan sebelum) selesai juga. Saya gak jadi tukang tiup peluit deng, sedikit naik pangkat jadi pencatat skor wekekek (sama aja katro nya ya). Merangkap tukang bagi2 kantong kresek untuk nyimpan sepatu. Berhubung panitia nya baik hati mesan makanan banyak, kita yg bantu2 dapat makan siang 2 porsi setiap hari.... yeay!!

Secara keseluruhan prestasi kali ini sudah lebih bagus dari tahun2 kemarin. Tahun kemarin, tim sekolah jadi juara 1 dari belakang wekekek. Prestasi perorangan juga hanya sampai 16 besar (agak katro sih). Tahun ini jadi juara 2 dari belakang untuk tim, dan untuk perorangan udah sampai 8 besar, satu orang juara 3. Nah yg juara 3 ini bakal tampil di kejuaraan nasional nanti. Turun di kejuaraan nasional merupakan kebanggaan tersendiri buat sekolah.

Juara bertahan 3 tahun berturut2 dari Akita, tahun ini juara lagi. Hebat ya...untuk final perorangan-nya saja, dua-dua nya dari Akita....wah...wah...salut deh.

05 Juli 2007

Selamat Berjuang

Siang tadi di sekolah, ada upacara pelepasan tim2 sekolah yg akan berlaga di turnamen olahraga antar college untuk wilayah Tohoku (bagian utara pulau honshu). Upacara pelepasan ini rutin di laksanakan rutin tiap tahun. Isinya adalah "memberi semangat" buat tim2 nanti yg bakal berlaga. Turnamen ini di mulai besok dan akan berlansung selama 3 hari. Sebagian besar turnamen akan di adakan di Kota Sendai, sisa-nya bakal diselenggarakan di Hachinohe.

Jadi sekolah libur hari jumat sabtu miggu & senin...asiiiikkk. Eh tapi saya gak libur deng, soalnya dapat bagian bantu2 panitia untuk cabang olahraga kendo. Walaupun tugas nya nanti mungkin cuma niup peluit (ha...ha... katro abiezzz) or jadi tukang parkir wekekekek. tapi "no what what" (=gak apa2) lah. Itung2 cari pengalaman. hu..hu...

Prestasi Hachinohe Kousen sangat menonjol untuk cabang olahraga Judo, juara bertahan di kompetisi Nasional antar college. Tapi untuk tahun ini gimana ya? soalnya sang jawara nya udah lulus tahun kemarin hi....hi....Selamat Berjuang deh buat semua nya.

01 Juli 2007

Makan siang

Tadi pagi ikut bantu2 pak guru "ngerjain" anak2 di salah satu klub anak2 di Hachinohe. Kegiatan kali ini ttg elektromagnet, percobaan yg sangat sederhana, bikin speaker dari gelas.

Setelah speaker nya jadi, anak2 ini di suruh nulis laporan percobaan. Terus di dalam nya ada "bagaimana caranya supaya output speaker ini bisa lebih besar " wah hebat ya .....dari kecil udah di ajak mikir.

Trus.....ada lomba "ide penerapan solar cell", anak2 di suruh mikir penggunaan solar cell. Bikin karangan trus gambar sketsa-nya. Kalo gak salah lomba ini di adakan oleh pemerintah setempat.

Mmm ini ya cara nya bikin anak jadi kreatif...bisa di tiru nih. Sebenarnya waktu SD, saya juga ikut klub2 yg seperti ini (uh...somsel...sombong sekalee) tapi bedanya klub saya pindah pindah terus, dari klub main layangan, main kelereng, sampe klub mandi di sungai wakakakakak. lho.....kok main semua? kapan mikir nya? ye....ada dong.....mikir gimana supaya gak ketahuan ibu di rumah, terutaman yg kegiatan ilegal itu (mandi di sungai maksudnya) he...he....he...

Setelah acara selesai.....masuk lah ke acara inti, lho?......makan siang maksud nya he..he... (judul nya kan "makan siang") kali ini dibayarin pak guru , yeayy!! itung2 perbaikan gizi lah (dasar!!)

27 Juni 2007

Kul / Ker

Kousen....begitu nama sekolah ini di sebut. Singkatan dari "Koutou senmon gakkou" (=college of technology). Sistem pembelajaran nya kombinasi Universitas & SMA. Lulusan dapat gelar D3. Selengkap nya baca di sini (postingan lama).

Nanya ke kawan2, rata2 mereka milih kousen karna peluang dapat pekerjaan-nya boleh di bilang 100%. Kok gitu? mmm mungkin karna perusahaan2 butuh yg siap pakai, mengingat ciri khas kousen yg banyak praktek di lab nya.

Di kelas saya (kelas lima, tahun terakhir), sebagian besar sudah di terima di perusahaan2 dalam negeri. Mulai dari yg terkenal seperti SONY, Canon dkk.....sampe yg kurang di kenal (perusahaan lokal). Tahun depan lulus dari sini, langsung deh bisa kerja di perusahaan masing2. Rata2 teman2 ini kelahiran tahun 87, berarti bakal kerja di umur 21 atau 20. Boleh di bilang masih muda.

Kalo lihat permintaan dari perusahaan, ada sekitar 200 an, di bagi 1 kelas 40 orang mmm rata2 5 ya. Tapi kan gak semua perusahaan keren, kita juga milih2 dong he..he... setidaknya peluang dapat kerja nya...besar.

Sempat nanya2 juga, kok langsung kerja? nggak mau sekolah lagi? rata2 menjawab"pengen kerja & cari duit sendiri" atau "udah bosan belajar" wekekekek Kalo saya sendiri, lebih milih sekolah...karna...karna...."banyak libur nya" wekekek. Yup tiap orang punya orientasi masing2 kan ya he..he..

21 Juni 2007

Alhamdulillah Lulus

Alhadulillahi rabbil alamin (puji syukur kepada Allah tuhan seru sekalian alam), saya lulus ujian masuk universitas. Jadi insyaAllah tahun depan lulus program D3 dari sekolah yg skarang ini (di hachinohe) trus bisa lanjut kuliah buat ngambil S1 selama 2 tahun di University of Electro Communication di Tokyo (urbanisasi nih he...he...).

Terima Kasih banyak terutama buat ibu bapak di rumah yg selalu mendoakan, juga bua t bapak ibu guru, kawan2 & semua semua..nya. Wuihh.....perjalanan masih panjang seperti judul blog ini "Perjalanan Panjang" he...he...

Gitu dulu ah......sekedar pengen berbagi kesenangan dengan kawan2 blogger semua.

17 Juni 2007

Sampai Jumpa Lagi

Tadi siang ngantar kawan sampe stasiun. Lumayan rame yg ngantar he...he... dari teman sekelas & teman2 lainnya (maklum selebritis) . Setelah 3 bulan di sini, kawan 2 orang ini harus balik ke kampung-nya di Prancis (bukan kampung ya...kota he....he...)

Wah.....wah...bisa banyak belajar dari beliu berdua ini, terutama bahasa perancis. Walaupun bisa nya cuma "bonjour" doang he..he.. berikut cerita2 tentang "kota halaman-nya (=kampung halaman-nya)"

Yang bikin rame di asrama jadi berkurang nih, tempat main psp & copy meng-copy game+film+anime, wah....sampai jumpa lagi kawan ! siapa tahu kapan2 saya bisa nyasar ke prancis juga hi..hi...

16 Juni 2007

Sayonara di Akhir Pekan

Mmm akhir pekan kali ini sedikit berbeda dengan akhir pekan sebelum2nya. Kali ini ada yg namanya "perpisahan". Tapi bukan perpisahan dengan "sang kekasih" atau apa lah namanya........kali ini dengan pak guru & kawan.

Tadi siang ngebut ke stasiun bareng kawan (tapi pake sepeda wekekek, gak termasuk ngebut ya? belum punya mobil sih......& saya gak mau ikut2an mencemarkan lingkungan he..he...alasan) sekedar pengen bilang "sayonara"(selamat jalan) sama Yamori sensei (pak guru).

Alhamdulillah keburu juga walaupun sensei-nya sudah lewat pintu masuk, tapi masih kelihatan dari luar.....cepat2 kita manggil, pak guru menoleh & masih sempat keluar sebentar untuk salaman dengan kita (biasanya kita mangguk2 doang kayak samurai.....tapi sekarang pake salaman he...he...). Sedikit sedih sih.....tapi harus "keep smile" supaya gak merusak suasana wekekek.

Sebenarnya pak guru ini datang ke hachinohe april 2005, sama dengan saya. Bedanya beliau yg jadi guru nya, saya yg jadi muridnya he..he...beliau ngajar konversi energi (motor & pembangkit listrik), power electronics & rangkaian listrik di kelas selama 2 tahun. Nggak pernah marah di kelas. Pelajaran yg kayaknya susah di bikin gampang sama beliau.

Waktu ngajar di kelas, beliau pernah bilang "kita pasti lupa pelajaran yg kita bahas sekarang ini termasuk rumus2-nya (waktu itu belajar motor konduksi kalo gak salah)........yg penting itu adalah cara berpikir, karena cara berpikir itu yg bakal tinggal lama di otak" he..he.. betul juga ya....sekarang udah lupa semua he..he..

Rencananya beliau bakal pensiun tahun depan, tapi ada sedikit masalah kesehatan, pensiun-nya dipercepat 1 tahun, supaya bisa istrahat di rumah-nya di Tokyo.

Mmm cuma bisa bilang "terima kasih" doang nih sama pak guru......& semoga cepat sembuh, supaya bisa main tenis lagi he..he...(soalnya hobi-nya main tenis sih)

Besok rencana nya ngantar kawan 2 orang, yg pernah saya ceritain dulu di postingan yg judul nya "gara2 bahasa inggris-ku yg katro". Mereka bakal balik ke Perancis, setelah 3 bulan di sini (program pertukaran pelajar).

Benar2 akhir pekan penuh sayonara nih he..he..

14 Juni 2007

Ke Kota

Lama gak posting nih.......sori...sori... he..he..

Seminggu ini lagi banyak urusan (he..he..maklum direktur cv angin ribut). Kemarin baru pulang dari Tokyo, ikut ujian masuk universitas buat nerusin sekolah. Minta doa nya dari teman2 semua, siapa tau bisa lulus ... aaamiiiiinn. Sekarang lagi nunggu pengumuman (hi.......ngeri.....). Kalo pilek nya, alhamdulillah udah sembuh 2 hari menjelang ujian he..he...

Lama gak main ke tokyo euy.....terakhir kapan ya? mmm bulan oktober tahun lalu kalo gak salah waktu studi tour. Terlalu betah di kampung (hachinohe)....maklum memang asal nya dari kampung juga. Sempat bingung waktu di stasiun Shinjuku pas nyari jalur kereta he..he..sebenarnya pengen meng-aplikasi-kan jurus "malu bertanya jalan terus", tapi gak bisa deng wekekek, bakal jalan terus menerus tuh.

O iya sekalian nih mo ngucapin terima kasih banyak buat senior mas Indra & mas Nanang, yang telah sudi menampung kami (saya & teman) di Tokyo. Semoga tambah di sayang Allah & dimudahkan segala urusan-nya.....amiiiiiinn.

Abis ujian, sempat makan sushi di tempat biasa (maksudnya langganan, soalnya murah sih he..he..) & sempat main di Akihabara juga buat beli Portable HDD case, soalnya yg dulu udah rusak. Abis itu kembali ke hachinohe lagi.

06 Juni 2007

Dokter & Pengacara

Mmm...lagi pilek nih, kemarin udah ke dokter, katanya flu biasa. syukur....syukur...cuma flu biasa. Soalnya ngeri deng, di sini lagi musim penyakit campak. Tiap hari muncul di TV, di sekolah pun semua pada ngomongin campak. Yeay..si campak jadi bahan pembicaraan nasional deh.

3 hari yg lalu, dengar berita ada sekolah yg di-liburkan 10 hari penuh gara2 ada 1 siswa yg kena campak. kelihatan nya emang untuk menghindari penyebaran ke anak2 lain. di sekolah saya, selalu ada peringatan, yg demam di atas 37 derajat dilarang ke sekolah. Trus di suruh imunisasi bagi yg merasa belum. Yg gak ingat, tanya sama orang tua.

Eh..kok jadi ngomongin campak sih? maksud saya pengen ngomong yg ini nih. Kemarin waktu di klinik mikir2 wah, jadi dokter cepat dapat duit nya ya? periksa2 sebentar langsung dapat. Mmm jadi ingat kata senior dulu. Katanya "seandainya di suruh pilih lagi mau masuk jurusan mana, dia bakal milih jadi dokter atau pengacara".

Kenapa? "ya karna dokter & pengacara yg paling kaya", katanya. trus?........"coba kamu pikir, insinyur2 mesin pada capek2 bikin mobil, siapa yg pake mobil duluan? ya kalo gak dokter pengacara lah" begitu katanya.

mmmm ada benarnya juga ya he..he... tapi saya mikir juga. eh kalo semua orang jadi dokter & pengacara, terus siapa yg bikin mobil nanti? wekekek. nanti semua pada naik kuda, kayak cowboy, he...he...

trus kan, jadi dokter & pengacara itu tidak mudah. Selain itu kan niatnya bukan hanya sekedar cari duit. dokter misalnya.....wah bisa nolong banyak orang tuh.

Kalo menurut anda gimana?

03 Juni 2007

Beasiswa Monbukagakusho

Hampir lupa deng, ada pendaftaran Beasiswa Pemerintah Jepang untuk lulusan SMA.

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho [departemen pendidikan jepang] bagi lulusan SLTA dan Sederajat untuk keberangkatan tahun 2008 dibuka 31 mei 2007 dan akan di tutup pada 27 Juni 2007.

Siapa tau ada adik, saudara, tetangga, teman, or siapa aja yg berminat & memenuhi syarat. Untuk lebih jelasnya klik di sini (Kedutaan Besar Jepang di Indonesia).

Berhubung ada yang nanya tentang contoh soal2 ujian nya, saya tambahkan link nya di sini yak..
contoh soal tes monbusho
Selamat mencoba.

28 Mei 2007

Exilim & Walkman HP

Menjelang musim panas ... pertarungan 3 raksasa provider jasa HandPhone negeri sakura, Docomo vs AU vs Softbank (dulu Vodafone) kelihatan nya makin seru.

Dalam 1 tahun, ada 3 musim bertarung......di musim semi (awal tahun ajaran) , terus musim panas, satu lagi di musim dingin (biasanya digabung dengan musim gugur)

Nah....musim panas kali ini AU ngeluarin beberapa model, dan ada 2 yg menonjol, mungkin bakal jadi senjata pamungkas-nya.

Pertama , ExilimW53CA....mmm kayaknya pernah dengar deh...exilim itu kan nama kamera buatan Casio. Yup....tebakan anda betul sekali.....ini perpaduan HP & Digital Camera. Saya juga bingung...ini "Hp dilengkapi kamera" atau "kamera yg dilengkapi fasilitas Hp" wekekekek. 5.1 MegaPixel lengkap dengan "vibration reduction" atau "image stabilizer".

Sebenarnya Hp dengan 5 MegaPixel sudah keluar di musim dingin tahun lalu, buatan Sharp (910SH) yg kerjasama dengan Softbank (dulu vodafone), tapi belum lengkap dengan vibration reduction.

Satu lagi....Hp walkman dari Sony Ericson w52s.....ini juga lumayan gila. Kualitas suara lebih jernih dari keluaran2 sebelumnya, memori maksimal 2 Giga + batrei nya tahan 110 jam (begitu yg tertulis di website nya) . yg pengen tahu lebih detail cek di sini

Ngomongin Hp emang nggak ada habis-nya ya he..he...

23 Mei 2007

Hidup Elektro

Wuih....hari ini turnamen olahraga antar departemen di sekolah. Kegiatan ini rutin di adakan tiap tahun. Juara bertahan teknik mesin, terus teknik kimia, terus teknik sipil dan yg paling katro teknik elektro......he..he...kebetulan saya juga di elektro. Sudah menjadi tradisi turun temurun....kalo elektro selalu juara 1 dari belakang wakakak.

Jenis perlombaan....ada lari 100 meter, estafet, lari karung, dan sejumlah perlombaan menarik lainnya. Yang paling rame adalah tarik tambang wekekekek.....trus yg paling bergengsi adalah "Hercules" (lari 1500m + lompat jauh + lembar lembing + angkat besi). Kali ini yg jadi hercules nya anak sipil....sama kayak tahun lalu, rupanya belum ada yg bisa menandingi bung "araya" ini.

Sengatan sinar matahari + debu yg beterbangan bikin acara ini makin seru ... buat anak kelas 5 (termasuk saya) turnamen kali ini adalah yg terakhir di sekolah ini. Jadi pada semangat semua walaupun hanya jadi suporter. Bukan hanya murid...pak guru pun turut ikut serta.

Kegiatan yg di mulai pukul 9 ini... berakhir juga sekitar pukul 4 sore...semua pulang bawa oleh2 capek + debu + kulit yg terbakar gara2 berjemur he...he... Hidup Elektro.......wuuuuuuuu...

20 Mei 2007

Hokushin Festival

festival Asrama "hokushin (nama asrama)" selesai juga. lumayan rame, walaupun cuaca yg kurang mendukung. kegiatan ini diadakan setiap tahun, tahun ini adalah yg ke 34. itu tandanya asrama ini udah lama berdiri.

isi kegiatan nya seperti....pentas band, bazar makanan, teater, lomba karaoke & pentas seni dst...saya sendiri ikut bantu2 di bagian bazar makanan, kadang2 pindah pekerjaan jadi tukang foto atau jadi penonton he..he..

yg paling digemari adalah lomba karaoke & pentas seni....karna di akhir acara ini ada undian berhadiah wekekekek. Hadiah nya pun gak tanggung2. malam pertama, hadiah utama nya SONY Walkman & I-Pod.........dan hadiah2 lain nya seperti sofa, sepeda, dll. Malam kedua, hadir Nintendo Wii.......bikin ngiler terutama bagi yg gak beruntung kayak saya wekekekekek.

Malam nya ada siaran radio khusus asrama......sampe menjelang subuh, ngumpul di kamar sambil dengar radio bareng2. ada kuis2 menarik juga + kirim2an salam hu...hu..hu...selain itu bagi yg suka "jalan tengah malam" ada misi mencari botol plastik yg sengaja di sembunyikan di area asrama....ada hadiahnya juga.

Mmmm mulai besok sekolah lagi....yeayyyy....

17 Mei 2007

Telepon Genggam?

Sejak ke sini, pertama kali saya sering heran lihat orang2 terutama anak muda yang sibuk ngorek2 Handphone nya, baik di kereta, restoran atau di tempat2 umum lainnya.

Emang nya ada apa di hp nya? kok asik banget? nelpon juga kagak.......kirim email kali? eh...tapi kelamaan, masa ngirim email aja lama banget? He..he.. atau hp nya yg rusak? he..he.. gak mungkin ah.

Ternyata zaman sekarang fungsi HP sudah bukan seperti namanya "hand phone" atau telepon genggam. Terlalu banyak fitur tambahan, mulai dari kamera dan teman2 nya.

Lihat kebiasaan teman2 di kelas, ternyata sebagian besar make HP buat browsing internet. Yang suka bola, asik aja browsing berita tentang sepakbola, ada juga yg sekedar pengen tahu berita terbaru karna nggak sempat nonton TV or baca Koran. Pikir-ku......apa gak mahal tuh browsing melulu? eh...ternyata, mereka bayar sekitar 400 ribu (kalo di rupiahkan) perbulan, dan bisa akses internet sepuasnya. Yee....pantesan browsing melulu.

Ada juga yg kerjanya download lagu. Misalnya pengen denger lagu si A, tinggal search trus download deh....dengar sampe puas kalo udah bosan hapus....pengen dengar lagi, ya download lagi he..he.. Harga? ya hampir sama dengan harga di atas. Bayar sejumlah uang tiap bulan, dan download sepuasnya.

Lho......apa nggak lebih baik pake MP3 player saja? kan lebih murah (lagu bajakan maksudnya). Mmm memang lebih murah sih, tapi repot kan mindah2in lagu dari PC ke Hp, selain itu mungkin ada budaya menghargai "hak cipta" or piracy (nggak semua). Bisa copy nggak? wah.....sayang nggak bisa di copy ke ponsel lain lewat bluetooth atau inframerah atau memory card dsb. Harus download sendiri, selain itu bentuk file nya bukan mp3 atau wav dkk.

Kualitas suara? Dengar2 penyedia jasa chaku uta (begitu nama service ini disebut), mereka perlu ng-edit lagu satu persatu untuk di sesuaikan dengan jenis Hp, karna setiap ponsel punya ciri khas masing2. Kasian ya? he..he..tapi kan banyak duit wekekekek

Dengar berita tadi pagi, keuntungan penjualan lagu2 lewat ponsel jauh melebihi kentungan dengan cara konvensional lewat CD. Dan acara2 tangga lagu sekarang, udah berdasarkan "yang paling banyak di download" lewat Ponsel (nggak semua).

Kalo misalnya istilah telepon genggam harus diganti ..... misalnya lho ya......kira2 sebutan apa yang paling pas menurut anda? browser genggam atau.......?

08 Mei 2007

Komputer Pertama VS Play Station

Bosan ngomongin sakura melulu....kita ganti ke topik lain. Nah skarang cerita nya ttg Komputer pertama di dunia VS Playstation2. Wuih.....udah pasti playstation yg menang tapi.....seberapa hebat PS2 yg sering kita pake ini?

Hmm...."ENIAC", begitu nama komputer pertama dunia (oleh sebagian orang). katanya sih dibuat tahun 40-an oleh orang Amerika, tujuan nya..he..he.. biasa lah "buat perang". Tapi komputer ini baru mulai dipake tahun 46 ...yg arti-nya perang dunia (world war 2) nya keburu selesai wekekek kaciaan deh lo...

Konon ENIAC ini berat nya 30 ton.....(wuihhh kayak beras impor ya). Luas-nya 170 meter persegi, panjang 30 meter. (ini komputer atau kandang sapi sih? wekekek gede banget)
Nah kemampuannya 400 Flops. (Flops = jumlah perhitungan dengan bilangan pecahan (floating point) dalam satu detik.......supaya gak ikut bingung kayak saya, kita anggap aja, flops itu satuan kecepatan kinerja prosesor).

Nah.... bagaimana dengan si PS2. Ternyata PS2 ini punya kemampuan 6.2 Giga Flops , ini berarti : kemampuan 1 unit PS2 sebanding dengan 15.500.000 unit ENIAC.

Kalo kita hitung total beratnya Eniac ..... ada sekitar 165 juta ton. luas nya 2635 km persegi. Yah..di paksa2in.....3 kali lipat luas nya Singapura tuh.....

Begitulah teknologi......makin gila...aja. Padahal teknologi komputer ini belum begitu lama...masih terhitung baru, sebaya dengan republik Indonesia yg merdeka tahun 45.

Sekedar info tambahan....ngomong2 ttg flops tadi......game console baru.....PS3 punya kemampuan 2 Tera Flops (ada 12 angka nol). Trus dengar2 jepang punya rencana tahun 2011 ini mau bikin superkomputer dgn 3 peta Flops (ada 15 angka nol).

nah bagaimana dengan manusia? manusia punya kemampuan 0.001 flops........manusia itu rata2 butuh 25 menit buat menghitung pembagian bilangan dengan 10 digit. yah.....boleh dibilang LOLA (loading lambat) atau istilah keren-nya adalah KATRO..........

tapi, si KATRO inilah yg bikin ENIAC sampe PS2, PS3, si KATRO ini juga yg bikin superkomputer itu. He...he... ternyata manusia itu emang hebat ya? Dan yg bikin manusia...tentu lah yg paling hebat yaitu Tuhan (Allah yg maha penyayang), la wong manusia cuma sebagian kecil dari ciptaanNya kok. Betul tidak hadirin........? he..he...

05 Mei 2007

Di Sekolah

Maaf slide-nya saya hapus...berat sih soalnya.

Sesuai dengan janji di tulisan sebelum nya (di bawah). Ini ada slide foto2 sakura (sakura lagi ...sakura lagi...bosen ah) di sekolah tempat saya tidur , eh salah ... tempat belajar deng he..he...ini gambar 4 hari yg lalu.

Sekarang sakura nya sebagian besar udah rontok & keluar daun2 hijau nya. Seperti yg saya tulis di postingan sebelum nya sakura ini ...."si cantik yg datang sebentar doang, trus langsung pergi lagi" ... he..he.. apaan sih.

01 Mei 2007

Sakura in Hirosaki Park 2

Foto-nya di pindah ke Sidebar

Untuk melengkapi postingan sebelum-nya (ada di bawah), saya coba pake slide, supaya lebih ringan waktu browsing (apa iya ya?). Ada sekitar 30 lembar foto2 (asli hasil jepretan sendiri, kecuali yg ada gambarnya saya he..he..) waktu ke hirosaki kemarin.

rencana postingan selanjut-nya masih tentang sakura juga (sakura melulu ya?...maklum setahun sekali nih), kali ini mengambil latar sekolah tempat saya belajar skarang. Tadi udah di Foto, tapi belum diupload.....he..he..

Sakura in Hirosaki Park

Kemarin "hanami"-an di Hirosaki bareng kawan2 + pak guru. Berikut sebagian hasil foto2 nya, harap maklum karna yg ngambil gambar "amatir 24 karat" (=benar2 amatir)", tapi di-jamin asli saya yg ngambil (kecuali, yg ada gambar saya, berarti...minta tolong kawan he..he...).
Di dalam taman ini, ada sekitar 2600 pohon sakura. Pemandangan di malam hari juga bagus. Kombinasi lampu dengan warna sakura emang pas. Tapi sayang, susah ngambil gambar waktu malam. Cahaya nya gak cukup & kamera saya gak sanggup.

NB : foto2 nya menyusul di postingan berikut.

28 April 2007

Sakura menyapa Hachinohe

Di bandingkan dengan daerah lain di jepang, hachinohe termasuk yg lambat di-"sapa" sakura. Tokyo, Osaka, terlebih lagi daerah di selatan...udah menikmati mekarnya bunga sakura kira2 sebulan yg lalu. Nah....tempat penampungan-ku (hachinohe) wakakak baru mekar kemarin. itupun baru sebagian, mungkin sakura nya masih kedinginan he..he..

Hari ini cuaca cerah....and rasanya banyak sakura yg mekar (sambil ngecek di jendela, bener gak ya? )....yup bener.. udah di cek barusan....banyak yg udah mekar tapi belum "mangkai (mekar sempurna)".

Di jepang, ada istilah "hanami". kalo di paksain artinya = "lihat bunga". tapi ternyata gak semua bunga jadi target hanami. bukan tulip ataupun bunga kembang sepatu (wekekek emang ada gitu?) dan bukan juga bunga citra lestari (eh sori ini kan nama orang), tapi bunga sakura.

Apa hebatnya sakura ? ,,,,,,,,,(bingung),,,,,,apa ya? ntar...berikan daku kesempatan mikir 3 menit. mmmm ini mungkin benar mungkin juga salah, maklum hasil bertapa selama 180 detik (=3 menit) .

jawab :

karna sakura berbeda dengan yg lain. selain warnanya menarik....dia mekar di pohon, jadi gak seperti mawar yg lengkap dengan daun. selain itu waktu mekarnya cuma sekitar 1 minggu terus rontok dan keluar-lah daun2 hijau & jadi pohon biasa. Berhubung mekar di pohon.....bunga nya pasti banyak....kalo pohon nya banyak & ngumpul di taman....wah tambah rame dong. Nah yg rame2 ini yg jadi t4 hanami.

jadi kesimpulan nya........bunga sakura itu = "si cantik yg datang sebentar doang" , makanya orang2 pada rebutan pengen nge-lihat.

nanti jawaban yg benar akan saya coba klarifikasi ke penghuni negeri ini (pak guru & kawan2). Saya sendiri....besok rencana hanami-an-nya. tapi bukan di sini....di luar kota (luar desa maksudnya, tapi masih satu prefecture) hirosaki. Termasuk t4 hanami terkenal se-jepang. semoga di sana udah mekar sempurna.

Ntar...foto2 nya insyaAllah menyusul di postingan berikut.
NB: foto di atas itu....sakura tahun kemarin, di ambil di halaman belakang sekolah

20 April 2007

Radeon-ku di opname

Kemarin.....komputer-ku terdiam membisu....daku mengira ada yg salah dengan speaker-nya , tapi ternyata setelah dicek....speaker nya gak apa2. Jadilah si "sound card" sebagai tersangka utama-nya.

Langsung periksa driver nya...... daku mencoba re-intall sound card driver nya. Tapi sayang se-tujuh ratus lima puluh sayang.....dia tetap diam membisu. Berhubung udah ngantuk....gw shutdown diri-ku bersama komputer-ku.

Siang tadi, iseng2 hidupin kompi lagi.....puji syukur.....dia sudah sembuh dengan sendiri-nya...hore...... udah bisa menyanyi lagi. kok bisa ya? ah... biarin aja, tdk perlu mengerti kenapa.....yg penting udah bisa bunyi.

Sore....nyoba lagi, ngenet sambil dengerin musik......TAPI, tiba2 terdengar suara gemuruh dari dalam casing CPU......ada apa dengan cinta? (waakakkak). Lama2 gw acuh-kan suara itu......tapi suara nya makin nyaring menakutkan.

Segera ku buka casing...periksa kipas processor.....kipas power supply....mereka tidak apa2. Mataku tertuju ke kipas-nya Radeon si graphic board. Kipas nya berputar aneh....kadang2 berhenti sendiri....dan memang dialah sumber gemuruh itu.

Nafas-ku terhenti sejenak....si dompet bergetar "apa harus ganti baru?". Gw pisahkan si Radeon perlahan dari slot PCl.....untung motherboard ku masih punya onboard graphic card. Walaupun gak bisa di pake buat nge-game....tapi kan bisa buat nge-blog he..he...

Radeon ku terpaksa harus di opname.....kasihan...udah 3 tahun dia menemani-ku. Memang Radeon 9600-XT ini udah gak se-canggih graphic board zaman sekarang. Tapi dulu sempat jadi jawara di kelas-nya.

Rencana nya pengen nyari heat sink+fan baru buat dia. Itu-pun kalo dapet.....masih ada nggak ya? Untuk sementara.....kita "back to nature" dulu...pake yang onboard.

17 April 2007

Mission Impossible

Fuih.....akhirnya selesai juga pelajaran hari ini walau dengan nilai jelek. Pak guru dari universitas sebelah datang ngajar di sekolah. Kemarin di bagikan text book eh...hari ini langsung ujian. Materi nya diambil dari text book 71 halaman.

Pak guru ngajar asal2-an.....banyak "melompat"-nya.....hu...hu... tiap di tanya "ada pertanyaan?" ...... semuanya diam....bukan diam karena mengerti....tapi bingung mo nanya apa?
Buku setebal itu.....dilengkapi kanji yg kadang nggak ngerti artinya, di suruh baca dalam waktu semalam? wakakakak kayak cerita sangkuriang aja.

Semalam belajar sampe jam 4 subuh, itupun gak selesai.....dah ngantuk. Pagi2 kuliah lanjutan trus di sambung dengan Ujian. He..he... asli deh "mission imposible".

Nilai-nya kemungkinan besar "jelek". Tapi lumayan bisa latihan kebut2-an belajar. Dengar2......kita nggak bakalan tahu bisa lari cepat, bisa loncat pagar yg tinggi kalo belum dikejar anjing kan yah? ......wakakkakak.

Pesan buat pak guru-nya "lain kali jangan susah2 ya pak, pelan2 aja..biar lambat asal malas eh salah ... asal selamat deng" he...he...

14 April 2007

Generasi Penerusak Ba****t

Hmmm...seminggu gak nulis nih. Nggak sibuk, tapi gak sempat nulis. (he...he..). Minggu pertama sekolah masih agak santai, belum banyak PR or praktikum.

Tiap hari nge-cek berita ttg kasus IPDN. Ternyata kasus-nya makin berkembang ya, parah bener..... se-bobrok itu kah IPDN ? Mulai dari anak didik sampe pejabat2 teras-nya ..... . (gak semua sih) punya moral "bejat tak ber-adab".

Gimana ya nasib anak2 baik di dalam-nya. Pasti mereka di siksa juga. Mungkin yang meninggal hanya segitu, tapi yg teraniaya tentu lebih banyak lagi. Untung gak sampe mati. Padahal untuk masuk IPDN, harus yg pinter + kuat fisik. Yah boleh dibilang anak pilihan semua. Seleksi ketat wah...pokoknya gak gampang masuk IPDN. Ironis nya, setelah masuk IPDN, malah di siksa?

Yang nyiksa juga anak2 pinter & pilihan juga yakni senior2 mereka dengan lampu hijau dari Pejabat2 yg katanya orang2 pinter juga. Memang masa depan lulusan IPDN boleh dibilang terjamin. sekolah dibiayai negara , dapet gaji......tapi gaji-nya habis buat berobat, reparasi tulang rusuk yg retak2 + organ2 tubuh lain yg penyok. Sungguh menyedihkan.

Untuk memperbaiki IPDN, inilah saat yg paling tepat. Kasus baru2 ini membuka jalan untuk me-reset ulang lembaga ini. Proses hukum kita serahkan ke yg berwajib, kelihatan-nya kepolisian benar2 serius menangani hal ini. Sampe Presiden nya ikut turun tangan.

Masalah bubar or tidak? kita lihat aja nanti. Kalo masih bisa diperbaiki, mengapa tidak? tapi ada yg harus menjamin IPDN berubah total. Ada yg mau menjamin gak ya? He..he.. kalo gak ada yg berani, ya udah "ctrl-alt-delete....pilih IPDN ..... klik End Task" beres deh.

Yg mendukung bubar....alasan-nya..macem2. ada yg bilang gak bisa diperbaiki, ada yg bilang gak sesuai dengan undang2 apalah gak ngarti. Pokoknya singkat kata "IPDN gak pantas diteruskan lagi"

Yg bilang tdk perlu bubar , alasan nya "kalo ada tikus di lumbung padi, maka tikus nya yg diberantas, bukan lumbung padinya yg dibakar habis. ntar tikus nya yg kemana2". Mmm ada benarnya juga sih....tapi lumbung padi yg gimana dulu men?

Sekolah kok kayak gitu ya? mau mencetak generasi penerus bangsa atau (maaf) generasi penerusak bangsat nih? (walaupun gak semua).
NB : gak bisa ngasih solusi, cuma sekedar nulis aja. dengar2 "gak boleh ya mempermasalahkan masalah, yg penting itu mencari solusi-nya". He..he.. gak apa2, anggap aja latihan nulis.

05 April 2007

Calon Pemimpin yg Brutal

Lagi2 satu jiwa melayang akibat penganiayaan di IPDN yang dulu namanya STPDN. kok nggak berubah2 ya. Namanya aja yg berubah, penganiayaan jalan teruusss.

Padahal kan kita semua tau, anak2 IPDN itu calon2 pemimpin, calon pejabat pemerintahan. Di samping punya pengetahuan ttg pemerintahan, seharusnya punya rasa "kasih sayang". Sebab nanti kalo udah jadi pemimpin harus sayang sama yg di pimpin (rakyat). Lha....terus kalo sama teman/ junior aja nggak bisa "menyayangi" gimana nanti sama rakyat? Memang nggak semua sih yg jahat.....hanya sebagian.

IPDN harus reformasi besar2-an nih kalo mau benar2 berubah. Kalo hanya himbauan lagi...sama aja bo'ong. Lembaga harus serius menangani "tindak kekerasan" kalo perlu langsung "delete" aja kalo ada tindak kekerasan lagi.

Semoga keluarga yg di-tinggal-kan di beri kasabaran, dan buat yg menganiaya..... jangan lupa tuhan itu maha adil.

03 April 2007

Gara2 bahasa inggris-ku yg katro

Pagi-pagi jam 5.30 berangkat ke stasiun dgn pak guru , buat jemput anak baru dari srilanka. mulai bulan april ini bakal sekolah sama2 di hachinohe kousen. Abis itu ngantar "beliau" belanja besar seperti : kasur&teman-nya, panci&kawan2-nya.

Nah acara selanjut-nya jemput anak baru dari Prancis jam 9 malam. Beliau berdua ini ikut program pertukaran pelajar, jadi akan sekolah selama 3 bulan. Sebenarnya yang harus-nya menjemput itu pak guru yg bisa bahasa prancis......tapi berhubung pak guru-nya lagi sibuk (sibuk ke party wakakakak) maka di"utus"lah saya n pak guru yg satu lagi. pak guru yg ini, ahli "superkonduktor". Tapi bahasa inggris-nya sama "katro"-nya dengan saya wakakakak.

Pas yg dijemputnya udah datang, mulai deh "bahasa inggris versi kutu kupret" kami...... huhuhuhu.....nggak ada subjek nggak ada object ..... yang penting nyambung. Wadduuuhhh begini nih hasil belajar bahasa inggris gak mau latihan speaking. Syukur....bisa nyambung dikit2.

Jadi pengen jago bahasa inggris nih, terutama speaking nya.......Kata pak guru, dia sebenarnya lagi ikut kursus bahasa inggris, tapi akhir2 ini sibuk jadi sering bolos (lho.....gimana to pak...pak).

Sebenarnya di sekolah, saya ngambil mata pelajaran pilihan-nya bahasa prancis, tapi.....belum bisa ngomong. tau-nya bonjour doang sama c'est un livre (=ini adalah buku) jadi ingat "ini ibu budi" wakakakakak.......so, apaguna-nya belajar susah2 ? ye....ada dong "buat ngisi rapot wakakakak" ..dasar katro...katro....

31 Maret 2007

Sumur di Pasar ?

Kalau ada Sumur di Ladang boleh kita menumpang mandi, Kalo ada sumur di pasar, maukah anda menumpang mandi? wakakak

Sengaja wajah2 yg kira2 kelihatan jelas di "tidak jelas"-kan, katanya harus menghargai privacy orang kan ya.

O iya...ini foto pasar di kampung-ku namanya pasar jum'at. Posisi-nya yg strategis (dekat SD t4 saya sekolah dulu) mengundang kami2 (anak SD) sering main ke pasar waktu jam istrahat. Dan waktu itu kepala sekolah sempat melarang kami untuk ke pasar. Tau alasan-nya kenapa....?

Begini cerita-nya...... di pasar itu kan ada penjual kacang kulit tuh yang dijual"per-liter". Sebelum membeli....konsumen (wow bahasa ekonomi nih) punya hak mencicipi dulu. Kita2 anak SD, nggak punya niat beli, tapi ikut mencicipi juga wakakakak.

Kalo satu, dua orang sih gak apa2. Tapi kalo anak SD berbaris misalnya 10 orang, masing2 ngambil kacang kulit-nya se-genggam.......wah bisa bangkrut tuh penjual-nya. Nah penjual ini yg ngelapor ke sekolah perihal "kenakalan remaja di pasar jum'at". Akhir-nya kami dilarang main2 ke pasar waktu jam istrahat.

26 Maret 2007

Apa Artinya Lagu

Bagi saya, lagu itu adalah media untuk browsing kembali kenangan or memory di masa lalu yg sempat lengket di HardDisk pemberian Tuhan ini (otak). Maksud lu?

begini bang....
misalnya dengar lagu-nya "stinky" (he..he.. ada yg masih ingat?). Kebetulan waktu lagu-nya top waktu jaman saya SMP dulu. Sering dengar lagu ini bukan karna saya punya kaset-nya, atau saya adalah penggemar beratnya stinky, tapi.....karna tetangga saya sering muter lagu ini keras2, dan saya ikut menikmati he...he....

emang benar "berteman dengan penjual minyak wangi, kebagian bau harum-nya" nah "bertetangga dengan penggemar stinky, kebagian lagu2 stinky-nya" betul tidak hadiriin?...betuuulllll. (ha...ha..oi oi serius dong menjelaskan nya).

Kalo sekarang saya dengar lagi lagu itu......eh kok jadi ingat suasana SMP dulu. Aneh ya, padahal saya gak berniat untuk "save to folder" suasana itu. Wah keren nih HDD pemberian Tuhan, ada fasilitas automatic save nya. Ada fasilitas "automatic forget"-nya juga supaya kita nggak stress. (Segala puji bagi Allah tuhan seru sekalian alam).

Kembali ke tema di atas, berarti kesimpulannya.....lagu itu bisa memanggil kembali kenangan. Tapi nggak selamanya betul.....tapi ada betul-nya sedikit...eh tapi salah itu...iya, tapi kan hampir bener...he...he.. (gak di jamin kebenaran-nya.....hasil analisa pusat penelitian ilmuwan sableng yg berpusat di kamar saya he..he..)

Kalo yg belajar elektro, analogi nya "lagu" itu = MAR (memory address register) yang akan menentukan "Letak data dalam memory yg harus di aktifkan" yg nanti nya akan di keluarkan ke MBR (memory buffer register)...dst nggak penting yak he..he..

Tips :
buat yg pengen naruh music ke blog nya, pake imeem aja. Naruhnya gampang, tinggal kopi-susu eh salah copy-paste kode nya ke blog kamu. Jangan lupa ngatur ukuran nya , supaya gak merusak pemandangan di blog kita. Daripada pusing2 nyari tempat buat upload lagu...terus harus nulis kode "embedded source=http ....." dst itu kan repot. "(pengalaman pribadi sih). Contohnya ada di side bar saya di menu "lagu hari ini" Selamat mencoba.

24 Maret 2007

Lautan Api ?


baca2 di blog sebelah hari ini 24 maret bertepatan dengan peristiwa "bandung lautan api" ya.....? (tahun 1946)

waktu jaman SD (sekolah dasar) dulu, tau "Bandung" itu hanya dari lagu "halo-halo bandung" yang itu tuh....."sudah lama beta tidak berjumpa dengan kau, sekarang telah menjadi lautan api, mari bung rebut kembali" belum pernah lihat bandung, hanya dengar2 cerita aja dari ibu. dan lihat foto-foto tante & om bandung tempo doeloe.

lulus SMA, beruntung bisa kul di bandung....jadi bisa lihat bandung deh dengan mata kepala sendiri. Saya lihat nggak ada sisa2 kebakaran tuh......yg ada lautan mobil2 angkot...misalnya caheum-ledeng dkk dan mal2 keren....BIP, BEC, BSD (eh salah yg ini di serpong yah he..he...). Walaupun hanya "delapanbelas per tigapuluhenam" tahun (wuuuuu gaya lu....bilang aja setengah tahun), bandung cukup berkesan.

inti-nya......kita jangan sampe lupa...susah nya orang2 waktu jaman merebut & memertahankan kemerdekaan dulu (wuuu pidato presiden kali). Skarang kita enak nih...tinggal menikmati, buktinya "tuh kan kita lagi duduk di depan komputer sambil baca tulisan ini" , berarti lagi menikmati yg namanya "internet".

Kalo ingat lagu kasidah dulu....."merdeka bukanlah menang tanpa .............(di sini lupa deng), merdeka berarti bersatu membangun" ha....ha...ada yg tau lagu-nya? hayo ngaku ..ngaku...kasidah lama sih, tahun 96 kali ya...waktu saya SD.

Bagaimana cara membangun? mulai dari mana? ..ye....minjam rumus nya Aa gym yg "3M" itu mulai dari diri sendiri...terus..mulai dari sekarang...terus..mulai saat ini (kalo gak salah ingat). Yang kebagian "sekolah" ya belajar yg bener, yg kebagian "dagang or keren-nya bisnis" ya bisnis dgn jujur, yg kebagian jadi pejabat ya jadilah pejabat yg jujur & ikhlas.......betul tidak hadirin?.....betuuuuuullll......he..he...kok jadi ceramah sih??

yg kebagian nge-blog gimana? ya nge-blog dengan rajin dong ha....ha....b'canda deng.

22 Maret 2007

SONY VAIO type G

SONY VAIO type G Laptop teringan & terkuat saat ini (katanya sih) kelebihan-nya :

1. ringan
hanya 898 gram. kok bisa....katanya bahan-nya pake "karbon di campur magnesium" "gak ngerti deh. kok kedengaran kayak kandungan gizi gitu ya. ha..ha..katanya sih bahan ini juga banyak di pake di racing car atau mesin jet. di bajaj juga ada kali ye.... hi..hi.. display nya tipis abis...(ntar cek sendiri ya!). unit pendingin-nya jg khusus dibuat tipis & ringan.

2. kuat & tahan banting
wah serem nih, kayak tema ospek. di uji "jatuh bebas dari ketinggian 90 cm (dalam keadaan mati)" dan "73 cm saat nyala" kenapa harus gitu....? katanya sih 90 cm itu diperkirakan waktu kita bawa2 sambil jalan. trus yg 73 cm itu waktu jatuh dari meja kerja. walah...sampe segitunya...

rahasia nya bisa tahan banting adalah ....motherboard nya di buat "mengambang" di dalam case nya. (ntar kalo liat video nya ngerti sendiri) .ada lagi nih rahasia lainnya "vaio harddisk technology" huh namanya keren juga. apaan tuh? cerita nya gini nih. di hdd nya di pasangi "sensor percepatan" supaya saat jatuh atau terbentur, head-nya segera dilepas dari plate supaya plate nya gak tergores. huu....susah gak ngerti pak!! iya sama, pak guru juga gak ngerti ha..ha...

tahan terhadap tekanan...baik yg terpusat maupun yg merata. "kalo lihat video uji coba-nya, jadi ngeri deh..sadis bener sampe2 laptopnya melengkung. (ntar saya kasih link-nya) sabar...sabar....orang sabar di sisi pagar.

3. dan masih banyak lagi...kelebihan lainnya...
misalnya security yg berlapis lapis.. dari "sidik jari", terus password khusus buat harddisk, terus password biasa..wah.. pokoknya macam2 lah. Terus ada felica -nya. o iya satu lagi, nih penting, batrei nya tahan sampe 12 jam.

Kesimpulan pribadi :
laptop kayak gini cocok buat eksekutif yg selalu mobile (misalnya tukang pos). kalo mahasiswa kayak kita2 ini yg punya penyakit kanker "kantong kering", gak cocok deh, apalagi yg punya hobi nge-game & mengutamakan performance. dengan harga yg sama kita bisa dapet yg speknya bagus.

Eits... Tunggu dulu.....buat yg penasaran pengen lihat "video resmi dari sony"-nya masuk ke sini deh. versi english nya gak ketemu nih, yah harap bersabar lihat huruf "kawat duri" (=kanji), kalo baca review di atas, lumayan bisa ngerti kok yg garis2 besarnya. terus semua pake flash jadi yg gak support, ya di support kan yah....he..he... selamat menikmati klik di sini & pilih type G

20 Maret 2007

Sandal Perjuangan

Ini foto sandal tua-ku. Kuberi nama "sandal perjuangan" ha...ha... kok bisa? Sandal ini saya beli tahun 2003 di bandung, di warung depan rumah saudara, tempat saya tinggal dulu saat kuliah di sana. (kalimat aneh...yg penting nyambung). waktu itu harganya 15.000 rupiah, merek angin ribut he...he...

Sebenarnya pengen sih punya sendal bagus & bermerek, tapi berhubung "sikondom=situasi kondisi dompet" yg lagi kritis, dan emang lagi butuh...maka kupilih yg ini.

Kelebihan sendal ini adalah, "bisa khusyuk waktu solat di masjid" ha..ha... soalnya gak ada yg tega "meminjam permanen".

Sekarang bentuk-nya sudah berubah, menyesuaikan dengan bentuk kaki-ku, tali nya udah putus, tapak-nya sudah terbelah, tapi.....tapi...hebat,nya sendal ini "masih bisa dipake" ha..ha..

Pelit lu ah !!!......eh tunggu dulu, bukan pelit, jelek2 gitu, sendal ini teman setia gw kalo jalan. Walaupun sekarang tinggal sebuah alat transportasi dari kamar ke kamar mandi. Dulu pernah melanglang buana, bandung, jogja, semarang, jakarta, gorontalo, sampe di sini di hachinohe hu...hu... alasan.

Kayak-nya sebentar lagi "sandal perjuangan ini" harus dipensiunkan....

NB : beginilah....kalo gak ada bahan untuk di tulis, tema-nya "ngaco" melulu...

17 Maret 2007

Wisuda Senior









Tadi siang, ikut upacara wisuda senior yg lulus tahun ini. tidak terasa tahun depan giliran ku (kalo lulus sih ha..ha..). Ada beberapa point yg muncul di kepala-ku setelah 2 kali ikut acara beginian.

wisuda di negeri ini gak pake toga (yg baju item2 itu pake topi menarik berbentuk segi-lima yg ada tali nya, tapi bukan topi-nya Kapten Jack Sparrow).... yg laki2 pake jas, yg cewek pake kimono atau jas. jadi kayaknya gw gak bakal pake toga nih....seingatku, sempat pake toga waktu SD, itu pun waktu wisuda taman pengajian ha...ha....

Kalo pake toga, kan ada acara mindah2-in tali sepatu...eh salah tali yg di topi itu deng gak tau namanya apa. nah kalo di sini yg ada adalah acara mangguk2. Tadi ada sekitar 120 orang yg lulus berarti setidak nya pak kepala sekolah & guru2 yg di depan itu mangguk 120 kali. Wadduuhh kasiaaan, bisa sakit leher tuh ha...ha...

Yah.....selamat deh buat yg lulus.

13 Maret 2007

OSPEK ?

Apa sih OSPEK itu ? wah....saya juga kurang tau apa sih ospek itu. Yang terlintas di kepala ini hanya "lari2, teriak2, push-up yg dilakukan mahasiswa baru di kampus" (kayaknya ini salah besar deh, kata panitia) he..he...

Pengalaman pribadi, ikut ospek di salah satu kampus di "Bandung" di salah satu jurusan-nya di tahun 2003. Kesan-nya? wakakakak (maksud lu ape?) ....ntar dulu bang!.

Kalo yg saya dengar, tujuan ospek itu adalah:
1. supaya mahasiswa baru bisa cepat mengenal kampus baru nya
2. supaya mahasiswa baru bisa kenal dengan mas2 dan mbak2 senior di kampusnya
3. supaya mahasiswa baru terlatih tahan ujian, kuat, sabar dst..dsb..

Mungkin masih banyak tujuan ospek yg lain, yg kira2 yg 3 ini yg paling populer kayaknya. Dilihat dari tujuan, ospek memang sangat bagus. Nah tujuan yg bagus ini seharusnya diselenggarakan dengan cara yg bagus pula. Maksudnya?

gini men analoginya, misalnya nt mau ngasih hadiah ulang tahun ke teman nt. Waktu ngasih tu hadiah, nt senyum kan? atau kalo lewat pos, biasanya pake ucapan selamat kan? intinya nt ngasih hadiah itu dengan cara yg baik. Coba bayangkan kalo pas ngasih hadiah pake acara teriak2, marah2, muka asem ha..ha....kasian yg nerima.

begitu juga dengan ospek bung. ospek ini barang bagus, ya nt kasihlah dengan cara yg bagus pula. Mari kita lihat kenyataan....wah, sayang.. jauh dari tujuan. Nggak semua nya sih seperti ini. Mungkin ada juga yg caranya baik.

Kalo saya pribadi sih, ospek skarang ini hanya sekedar buang waktu saja, time is money bung. (kalo terdengar agak sekuler, ganti dah...."mending tidur"). sama sekali Tidak efektif dan tidak efisien.

Untuk meraih yg 3 di atas tadi, apa perlu lari2 tengah malam?
Untuk meraih yg 3 di atas tadi, apa perlu push-up sampe mampus?
Untuk meraih yg 3 di atas tadi, apa perlu teriakan, or caci maki dari senior?
Untuk meraih yg 3 di atas tadi, apa perlu beli tali rapia yg warnanya harus seragam?

saya rasa tidak perlu sampe segitu nya. Buat nembak lalat aja kenapa harus pake meriam? pake saja karet gelang, beres kan?

memang prinsip efektif/efisien ini tidak mutlak diterapkan di semua bidang (misalnya Agama karena agama adalah persoalan yg sangat amat penting banget), tapi kalo cuma sekedar yg 3 di atas tadi?

tapi kok lu ikut juga rul?? ha...ha... memang gw bego sih, mau2 nya di bodohi, katanya sih kalo pas tugas akhir dll, kalo gak jadi anggota himpunan, nanti susah sendiri. ya...terpaksa ikut juga.
dasar pengecut lu? hi..hi...emang.

Kemarin pas mudik, kebetulan main2 di salah satu kampus di dekat rumah, pas lagi ospek....wah..kasian lihat orang yg lagi di marahin, tapi lebih kasian lagi lihat senior nya yg lagi marah2 teriak2. kok bisa?

wah.....yg lagi marah2 itu cewek cakep men....cantik, manis, ayu.....tapi pas teriak2, caci maki & kata2 kasar keluar dari bibir manis nya (emang lagu dangdut) ....Apa ini yg di sebut2 sebagai "bibir manis berbisa" ? wakakakakak. Ada juga yg sok jago, marahin junior wah...padahal belum tentu yg marah2 itu lebih jago dari yg dimarahin.

ada satu lagi nih, penelitian pribadi (referensi : pusat penelitian ilmuwan iseng), ada kecenderungan "volume teriak2 senior waktu ospek, berbanding terbalik dengan nilai tes-nya di kampus" ha..ha..ha...semakin jelek nilainya, semakin keras teriakannya.....

eh tapi jangan di balik ya "yg nilainya jelek pasti teriak nya keras2", yg ini kurang pas. persamaan di atas bersifat "ireversible=tdk bisa di bolak-balik" (semoga ejaan nya gak salah).

Ada yg nilainya jelek, tapi dia tetap berusaha memperbaiki dengan belajar, ada juga yg nilainya jelek tapi malah marah2 sama junior yg ikut ospek hi...hi....apa tidak sebaiknya belajar saja di rumah atau di perpus? daripada nyusahin anak orang?

Kesimpulannya.....
ya ospek itu bagus, mari kita laksanakan dengan cara yg bagus juga, cara yg bagus nya gimana? ya itu tugas nya senior dong mikir, kan namanya juga senior, harus lebih pandai sedikit lah dari junior nya.

NB :
Sekarang ini para calon2 peserta ospek(anak SMA kelas 3) sedang giat2 nya belajar supaya lulus universitas idaman-nya, para orang tua juga lagi pusing2 mikirin dana buat menyekolahkan anak2 nya......(kecuali yg tidak pusing he..he...). Kalo mereka lulus (amiiiiin) ya kita sambut dong di kampus dgn baik2, gak usah teriak2 marah2. bukan kah ini yg lebih baik?

catatan : hanya pendapat pribadi.....tidak dijamin kebenarannya.