28 November 2009

Kalo bumi ini kampung 100 orang

Pertama2 saya pengen ngucapin Selamat Idul Adha 1430H. Selamat telah menggembirakan orang2 sekitar kita, atau saudara2 kita dengan sembelihan hewan qurban, dan semoga Allah swt senang melihatnya, amiiiin.

Nah, kali ini saya hendak mengajak sodara2 sedikit merenung, betapa kita ini benar2 beruntung. Kok bisa begitu? simak tulisan berikut :

Kita misalkan seluruh manusia yg tinggal di planet bumi ini diwakilkan oleh 100 orang. Dengan begitu kita bisa lebih mudah mengerti gambaran total keadaan penduduk bumi ini.
dari 100 orang tersebut :
  • 57 orang Asia, 21 orang Eropa, 14 orang Amerika, 8 orang Afrika.
  • 52 orang perempuan, 48 orang laki-laki.
  • 80 orang tinggal di tempat yg tidak layak
  • 70 orang buta huruf
  • 50 orang menderita gizi buruk
  • 1 orang akan lahir, 1 orang akan meninggal
  • hanya 1 orang yg bisa kuliah di Perguruan Tinggi
  • hanya 1 orang yang memiliki komputer
Nah, sekarang penduduk bumi ini ada 6,5 Miliyar, jadi:
  • Bila anda bisa membaca tulisan saya ini, maka anda lebih beruntung dari 4,5 milyar orang di bumi ini.
  • Kalo punya komputer? wah...berarti anda termasuk 1% dari orang beruntung/kaya dimuka bumi ini (tentu nya dari segi materi).
  • Kalo anda tinggal di t4 yg layak, punya makanan, dan berpakaian? wah berarti anda lebih beruntung dari 70% orang di bumi ini.
  • dst....
Inilah sedikit gambaran tentang kondisi manusia di bumi kita ini, semoga dengan ini kita dapat lebih bersyukur, mungkin kita merasa susah, atau miskin sekarang, tapi itu kan dibandingkan dengan orang2 yg lebih berpunya dari kita. Nah coba bandingkan dengan orang2 yg lebih susah hidupnya, kita mah...gak ada apa2nya, alias masih enak.

Alhamdulillah, mari kita bersyukur atas hadiah dari Allah swt berupa kesehatan, uang, ketenangan dst, dan mari berusaha untuk membantu sodara2 kita yg kurang beruntung.

13 November 2009

sudah ngerti bahwa belum mengerti

Kuliah tadi siang, dosen ngajar tentang "diversity antenna", di dalam nya ada konsep dasar aljabar linear yaitu "eigen value dan eigen vector". sebenarya konsep ini sudah diajarkan ke mahasiswa tingkat 1 semester 2 di mata kuliah linear algebra. biasanya kalo belajar tentang matrix, nah ini bakal muncul di bagian belakang buku cetak he3x. saya juga pernah ngambil, dan pernah belajar dikit. cara menghitungnya pun bisa dikit2 (kalo soal nya gampang sih hi3x).

tapi sodara2...saya baru ngerti ternyata saya itu gak ngerti sama sekali arti dan makna sebenarnya dari "eigen value" itu (lebay yak? hi3x), walaupun bisa ngitung. buktinya saya hanya bisa senyam senyum sendiri menatap papan tulis, menertawakan diri sendiri yg merasa udah ngerti tapi ternyata gak ngerti wkwkwkwk.

eigen value bersama istri (eigen vector) ini ternyata sangat penting untuk memahami proses penentuan weight yg harus di pasang untuk setiap antena pada diversity antenna versi maximum ratio combining.

Mungkin teman2 juga pernah mengalami hal lucu yg serupa, mengerti bahwa sebenarnya kita gak mengerti.

07 November 2009

Hebatnya duit

Akhirnya saya update lagi wkwkwk. rasanya sayang banget kalo blog bersejarah ini saya buang begitu saja he3x...(lebay mode). Akhir2 ini berita2 di tv lagi rame soal kasus cicak n buaya atau apalah istilahnya. inilah contoh kongkret bobrok nya institusi2 negeri tercinta kita, dan hebatnya duit kalo jumlah nya udah buanyak.

Hebatnya duit...dengan beberapa miliyar saja bisa menggoyang 3 institusi penting negeri ini he3x. buktinya kasus yg sekarang ini kan awal2 nya dari duit . kriminalisasi KPK juga kan tujuan akhirnya ya duit...supaya para koruptor gak akan ketangkap waktu mencuri duit2 rakyat. parah euy.....

Sering kita mendengar, atau mungkin udah bosan dengan kalimat "mari kita hargai proses hukum". Ok lah...mari kita hargai, tapi kalo yg ditugaskan sebagai penegak hukum aja kayak gitu....terus gimana?

Kebohongan harus ditutup dengan kebohongan lagi. kalo kita kaitkan dengan kasus ini, kita bisa lihat mana yg dari awal udah bohong, suka mengganti2 pernyataan, dan tidak konsisten. Biasanya mereka itulah penjahatnya wkwkwkwk. Tapi masalah nya kita nggak boleh apa2 tanpa bukti yg jelas. mari kita hargai proses hukum wkwkwkwk.....balik lagi ke paragraf sebelum nya hi3x.

Yah...ingat mati lah...