Liburan telah usai

Liburan kali ini ditutup dengan kegiatan di ichinoseki. Acara-nya kumpul2 dengan anak2 yg sebagian besar berasal dari asia tenggara yg belajar di kousen di wilayah tohoku. Jadi bisa ketemu juga dengan kawan lama jaman sekolah bahasa jepang dulu termasuk kawan2 dari indonesia juga.

Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun, dan kebetulan ini yg ke 3 kali, sekaligus yg terakhir buat saya. Sponsor nya pemerintah sini, jadi semua biaya transport, hotel dll dibayarin, he..he...rejeki nomplok nih. Bentuk kegiatan-nya : "ramah tamah" (dibaca "makan"), dan kunjungan ke pabrik dan t4 wisata.

Kali ini kita diajak lihat2 salah satu kuil tua di sana, lumayan bagus karna punya nilai sejarah. Dengar2 dari kawan, cerita & tokoh-nya udah ada di komik. Tapi karna saya gak suka baca komik...jadi ya "jaka sembung bawa golok, tidak nyambung g****k"

Trus satu lagi, kunjungan ke pabrik kertas sekitar situ. Pabrik kecil sih, tapi lumayan menarik juga. Pabrik ini menangani daur ulang kertas koran, majalah, dan kardus.

Malam nya ada acara lagi.....sempat tampil juga tarian bali. Yang nari sih orang jepang dan kebetulan beliau juga bisa bahasa indonesia dikit2. Sempat bincang2 sebentar dgn beliau, sekaligus nanya nama tarian nya, lho....?. Ternyata nama-nya "tari gabor". hi..hi..parah euy.

Sebagai org indonesia ada rasa bangga + malu. Bangga karna budaya kita dikenal sampai ke luar. Malu karna, nama tarian aja saya gak tau,.....katro deh pokoknya.

Komentar

ichaAwe mengatakan…
asik banget biaya nya diabayarin...hotelnya pula ...

idih tariannya namanya bikin ilfil gituh...gabor...gebor kaleee...kayak siinul :D
Ani mengatakan…
Wah Sachroel mesti banyak belajar ttg budaya & kesenian daerah2 di Indonesia nih :-)
Eucalyptus mengatakan…
Wah, kok nama tariannya gitu seh?
dewa01api mengatakan…
tari gabor...baru tuh ada tari bali nama gitu...btw, yg penting gratis...ceritain ttg pabrik kertas euy
sachroel mengatakan…
to ichawae:
saya juga baru tau ada tari gabor

to ani:
iya nih..kurang wawasan budaya nya

to eucalyptus:
iya mbak...saya juga sempat heran waktu dengar pertama kali.

to dewaapi:
iya nih...yg penting gratis wekekek
Yolla Elwyn mengatakan…
duhh asik banget udah jalan2 gratis pula...:)
nrl mengatakan…
loh, bukan pendet yak?
sachroel mengatakan…
to Yolla :
he..he..rejeki nomplok

to nrl:
bukan....kata mbak itu sih "tari gabor" namanya
geLLy mengatakan…
wuihh asik bngt tuch ruLL
gratis lagi...

aku peNgeNN...*ngimpi*
heee
Anang mengatakan…
gratis memang mengasyikkan.....
Rezki mengatakan…
Yah.mas kok gk ngajak 2 seh??
SatoNa mengatakan…
waah.. ada tari bali.. haha.. kyknya yang terkenal dari Indo bukan Indo nya tapi Bali nya yah kl di luar negri.. ^^

hihi.. iya.. kita di sini adat2 kyk gitu malah dah dilupakan trutama sama org kota.. =(
sachroel mengatakan…
to anang ;
he..he..setuju...

to rezki ;
sebenarnya pengen ngajak ki', tapi gimana dong wuhehehe

to satona :
yup betul. Malah ada kawan2 di sini yg nanya lagi "ooo bali itu di Indonesia ya?" wekekek...gimana sih!
Novee mengatakan…
tari gabor di Bali ada koq.. soalnya aku pernah blajar tarian itu.
yg jadi masalah, mana gambar kuil tuanya?
cecepcakep mengatakan…
kok yang terakir, emg kapan pulang?
sachroel mengatakan…
insyaAllah maret ini selesai program D3 di Hachinohe. Trus april nya bakal pindah ke daerah tokyo buat ngambil sarjana di sana. Jadi, gak bisa ikut kegiatan ini lagi.
Adite mengatakan…
bujug dah buset.. hehehe apa ya kira2 dalam hatinya si jepang ntu waktu abang nanya nama tarian bangsa sendiri ga tau.. hehehehehe

hebat juga ya tarian kita.. ampe di import gila

kok yang terakhir bang? emang studinya dah mo kelar ya?

Postingan populer dari blog ini

wa ja`alna minal ma`i kulla syai`in hayyin

Pluto bukan planet lagi

Tumbilotohe, tradisi Gorontalo ratusan tahun.