Langsung ke konten utama

Ganti VGA cooler








Wuih....akhir-nya VGA card (video card) ku sembuh juga. Waktu itu kipas nya ngambek gak mau berputar. Daripada hangus, cepat2 saya cabut dari komputer. Penyebabnya diperkirakan karena faktor "usia". Dan untuk sementara saya pake VGA onboard.

VGA nya sendiri sih sebenarnya udah ketinggalan zaman (Radeon9600XT), dibeli 4 tahun yg lalu. Slot nya pun masih AGP, padahal kalo lihat VGA card jaman sekarang, umumnya udah pake PCI 16x. Makanya kompie saya ini udah susah untuk di-upgrade.

Tapi kalo VGA card nya dibuang kan sayang. Kebetulan kemarin nemu VGA cooler (kipas+heatsink) murah, langsung beli deh. Trus tinggal ganti heatsink nya pake tang kecil.

Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan saat mengganti VGA cooler baru.
  • Pastikan bentuk heatsink nya cocok. Sebab walaupun tipe VGA nya sama, kalo maker nya berbeda, umumnya tata letak komponen seperti kondensator pun akan berbeda.
  • Power supply untuk kipas umumnya langsung dari motherboad (3 pin connector), jadi nggak usah repot2 mencocokkan dengan colokan yg ada di VGA card.
  • Cara paling gampang, ya bawa aja VGA card ke t4 anda beli cooler, supaya bisa tau cocok apa nggak nya. Sekalian minta dipasangin aja, kalo takut salah.
Tambahan :
"A video card, also referred to as a graphics accelerator card, display adapter, graphics card, and numerous other terms, is an item of personal computer hardware whose function is to generate and output images to a display"

Komentar

icHaaWe mengatakan…
no koment ah...gak ngerti soalna..VGA ituh apah...

ngucapin met taun baru hijriah aja yah...moga sukses selalu
Anonim mengatakan…
Lah kalo aku sih selalu pake trik akal-akalan, kalo ndak cocok ya dicocokin.

Mm...kok nggak ganti VGA yang PCIe? Kan lebih keren tuh buat maen game....
sachroel mengatakan…
to mbak icha:
he..he..selamat tahun baru hijriyah juga mbak.

to rystiono:
pengen nya sih gitu....tapi slot motherboard saya masih versi AGP hehehehe
# sunuhadi # mengatakan…
huhuhuhu, kankeinai kedow, kompie baru akhirnya sampai 3 hari yg lalu. syukron dah bantu milihin n kasih saran.

btw, si mamat juga lagi nyari yg serupa tuh
Eucalyptus mengatakan…
VGA tuh apa? Buat maen game ato kipas angin beneran? Kekekek.... orang gaptek neh
sachroel mengatakan…
Ini dapet dari wikipedia, o iya..ntar sekalian saya taruh aja di postingan di atas.

"A video card, also referred to as a graphics accelerator card, display adapter, graphics card, and numerous other terms, is an item of personal computer hardware whose function is to generate and output images to a display"
Anonim mengatakan…
hihi.. kadang pusing juga yah sama alat" dalem CPU itu.. gara" agak banyak tipe. huhu.. pdhl pemasangannya gampang khan? >_<

bln lalu aku juga masang vga card yang baru.. tapi sih tipe nya dll dah dikasi tau sama sodaraku yang mayan ngerti. jadi pas beli tinggal nyebutin, n' di rmh jg masangnya gampang.. ^^ (lebi tempatnya papa ku yang pasangin sih. haha..)
sachroel mengatakan…
he..he.. betul, masang nya gampang soalnya tinggal ikuti petunjuk yg ada.
Sinopi mengatakan…
kaga ngerti...
beli baru aja lagi
Eucalyptus mengatakan…
Oooooooooh.... (panjang neh).. jadi buat hard disc toch? Manggut2....
sachroel mengatakan…
yup...itu salah satu komponen di dalam PC
Cempluk Story mengatakan…
seneng denger nya klo vga nya sembuh..
sachroel mengatakan…
hi..hi.. makasih mas cempluk
Ranny mengatakan…
*berusaha mencerna apa isi tulisan roel*


loaadiinnggggg......


*bengong*


*nyengir kuda*


diriku ga ngertiiiiiiiiiiiiiiiiiiii


huhuhuhuhuhh
SeeHarrie mengatakan…
Emang di sana gampang dan murah ya cari onderdil komputer zaman jebot?
Aku nyari SDRam pc 133 buat notebook, cuman nemu bekasnya dan mahalnya minta ampyun.
sachroel mengatakan…
wah...malah susah mas + mahal. yang memori PC3200 aja yg rame digunakan sampe sekitar tahun 2005 aja udah jarang. Sekarang di toko2, hampir semua udah DDR2 dan harga nya pun udah miring2 semua wekekekek.

rupanya ini memang strategi produsen, untuk memaksa kita buat beli yang BARU wuehehehe.
Adite mengatakan…
waduh, kemaren temenku nanyain kenapa pc nya suka restrat endiri... mas tau gak penyebabnya?
sachroel mengatakan…
PC saya juga pernah kayak gitu. Salah satu kemungkinan nya sih masalah POWER SUPPLY.

Coba ganti colokan power yg ke Harddisk. Usahakan berdiri sendiri, gak berbagi dengann drive lain-nya.

Selamat mencoba
Anonim mengatakan…
btw.. itu vga cooler/fan beli dimana? saya nyari2 kaga dapet tuh..
sachroel mengatakan…
banyak kok di toko2 komputer...di bagian cooler/fan nya CPU, system, nah kadang2 buat VGA ada.

Postingan populer dari blog ini

wa ja`alna minal ma`i kulla syai`in hayyin

Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup." (Q.S. Al-Anbiya:30) Dalam kitab-kitab tafsir klasik, ayat tadi diartikan bahwa tanpa air semua akan mati kehausan. Tetapi di Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Percobaan diulangi dengan membacakan kata, "Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)" di depan botol air tadi. Kristal kembali membentuk sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, "Arigato". Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata "setan", kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavy metal diperdengar

Bola kok Hitam Putih ya?

Pasti semua udah pada tau, gambar bola di samping ini adalah bola yg dipake di pertandingan sepak bola. Lho.....? kok bisa tau? padahal sama bulat nya dengan bola voli, basket dll. Ya iyalah.....hitam putih gitu. Konon sebelum tahun 60'an, bola ini umumnya berwarna coklat dan tidak bercorak. Sejak tahun 60'an, warna hitam putih dengan corak seperti gambar di atas mulai digunakan di eropa. Di FIFA World Cup tahun 1970 (meksiko), corak ini mulai digunakan. Penggunaan nya pun makin meluas dan akhirnya mendunia seperti sekarang. Kok warna nya hitam putih ya? Jaman itu, televisi umumnya masih yang "hitam putih", kalo warna bola nya putih semua, atau coklat semua, katanya "susah dilihat" or "kurang jelas". Untuk mengatasi hal ini akhir nya kombinasi hitam putih lah yg dipakai. (Begitu kata orang) NB : era 60-70 an berarti jaman nya "Pele". Kalo lihat cuplikan goal2 nya Pele di youtube, kadang bola nya putih polos, yg coklat juga ada. Tentu, yg

Blogstuff