29 Oktober 2007

Malas ngunci pintu

Anak2 asrama t4 saya tinggal punya kebiasaan buruk "malas ngunci pintu". Bukan gara2 lupa, tapi memang karna malas. Dari pihak pembina asrama sendiri sudah berkali2 memperingati "kunci pintu kalo sedang gak ada di kamar". Nah beberapa bulan yg lalu, ada siswa yg kehilangan barang, lumayan mahal sih, tapi pencuri nya gak ketemu2 juga.

Waktu itu hampir disetiap pintu ditempel peringatan "kunci pintu". Lumayan bisa bikin anak2 jadi sedikit lebih hati2, tapi sebagian.... tetap "melestarikan tradisi" gak ngunci pintu.

2 bulan berlalu, pihak pengelola asrama mengumumkan "semua pintu kamar akan dipasangi autolock". Mendengar itu, terbayang "pintu kamar saya yg dari kayu itu mau dipasangi autolock? rasanya ada kesenjangan teknologi deh wekekek". Budget proyek pemasangan ini lumayan gede, puluhan juta. Semahal itukah harga "kemalasan" ?. Tapi biarlah, bukan duit saya wekekek.

Akhirnya skarang udah terpasang, "kesenjangan teknologi" yg muncul gak separah perkiraan saya, karna kunci nya gak mewah2 amat. Lumayan praktis, gak perlu bawa kunci kamar lagi kemana2.

Tapi kalo ingat puluhan juta nya, kasian juga ya.....hanya gara2 "em, a, el, a, s.......malas" . Sukur2 pintu wc gak ikut dipasangi huahahaha penyiksaaan tuh he..he...

25 Oktober 2007

Langit kok biru?

Kalo ada orang nanya ke anda, pertanyaan di atas, kira2 jawaban nya apa?. Kalo saya jawabnya "aya' aya' wae, kalo gak biru bukan langit dong wekekek".....benar2 jawaban singkat, padat, jelas dan tak berisi ha..ha..Tapi ternyata ada jawaban serius lho tentang ini.

Molekul2 udara di atmosfir menghamburkan sebagian sinar matahari yg datang. Semakin pendek panjang gelombang, semakin mudah ia dihamburkan.

Sinar matahari yg kelihatan putih ini sebenarnya merupakan perpaduan dari sinar2 dengan panjang gelombang yg berbeda-beda. Sinar biru dan ungu adalah yg paling pendek panjang gelombang-nya. Nah warna ungu dan biru yg dihamburkan inilah yg masuk ke mata kita. Mata kita ternyata lebih peka terhadap warna biru daripada warna ungu, jadi yg terlihat adalah warna biru.

Peristiwa penghamburan cahaya ini dikenal dengan nama "Rayleigh Scattering". Ini juga yg menyebabkan langit terlihat kemerah2an saat matahari akan terbenam. Saat itu, jarak yg ditempuh sinar matahari untuk sampai ke mata kita akan lebih panjang (sinar matahari harus menembus atmosfer bumi dari arah samping untuk sampai ke mata kita). Sebagian besar sinar biru sudah habis terhamburkan. Yang tersisa adalah sinar dgn panjang gelombang yg lebih besar yaitu sinar merah beserta keluarga-nya.

22 Oktober 2007

Festival Sekolah

Akhir nya festival di sekolah selesai juga. Tahun ini lebih rame dibanding tahun kemarin, mungkin karna cuaca yg mendukung.

Malam nya di isi acara pentas seni. Ada yg nyanyi, tapi kebanyakan pentas komedi. Kayaknya anak2 lebih suka nonton yg lucu2 wekekek.

Ada juga undian berhadiah....kemarin hadiahnya antara lain "new PSP lengkap dengan TV tunner", "ipod", "portable dvd player", "digital camera" dst....(sekolah tekor berapa ya? wekekek ..... yg penting rame). Tadi malam di tutup dengan acara kembang api di lapangan sepakbola sekolah (sponsor nya sekolah juga.....gak bangkrut nih???). Lumayan bagus he...he...

Dari "departemen setrum" sendiri....ada pertunjukan kecil2an, seperti: percobaan halilintar, superkonduktor, aibo, dll. Departemen lain . tekim, sipil, mesin juga pada rame.

Skarang balik lagi seperti hari2 biasa, ke sekolah, ngerjain PeEr, praktikum, penelitian dan segala macam. Agak males sih....tapi harus rajin, kalo gak.....bisa2 gak lulus nih wekekek.

19 Oktober 2007

Jadi Mandor Lagi

Hari sabtu & minggu nanti di sekolah bakal ada festival sekolah. Kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun. Kegiatan nya beragam, mulai dari pameran di tiap2 lab, lomba karaoke, band, dan lomba2 lain nya.......ada juga yg jualan wah...pokoknya pesta besar2an deh (duit nya juga gede...belum tau budget tahun ini berapa....ntar cari2 berita dulu he..he...).

Lab t4 saya "nongkrong" juga rencana nya bikin pertunjukan kecil2an buat pengunjung. Teman2 sekelas, sebagian ada yg bikin "pop corn" , trus ada juga yg mau bikin "rumah hantu" . Nah sebagian lagi ada yg bakal tampil di pentas drama. berhubung kekurangan anggota, saya dipaksa ikut di situ. Sebenarnya saya alergi abizzz dengan yg namanya "tampil di panggung". Tapi gara2 kata2 "ini kan tahun terakhir kita di sekolah......ayo dong !!!" ya...terpaksa deh....dengan syarat "peran yg paling gampang, cepat & gak ngomong" wekekek (asli katro nih)

Sebenarnya tugas utama saya di festival kali ini...jadi "mandor kare". Gak bisa bikin kare...tapi jadi mandor....nah lo? Tenang..tenang hadirin......anak buah nya jago bikin kare kok....wekekek. Ini bakal jadi yg ke 3 kali jadi "mandor kare". Sebenarnya mandor itu gak ada gunanya sih....sekedar jadi penerus info dari panitia inti ke unit pelaksana, merangkap penanggung jawab, merangkap bantu2 iris bawang, potong daging ayam, masak nasi & angkat ini angkat itu wekekek.

17 Oktober 2007

Dilarang Ketuk Pintu!

Gimana kalo ketuk pintu itu bikin tuan rumah jadi gugup? Wekekek kedengaran nya agak aneh, tapi itulah yg terjadi di asrama t4 saya tinggal.

Waktu awal2 datang di sini, saya selalu ketuk pintu sebelum masuk kamar kawan, tapi heran nya...tiap saya masuk, komentar nya "jangan ketuk pintu dong!" lho....? piye to? (latihan bahasa jawa dikit2 he..he..)

Ternyata, kalo kita ketuk pintu...ntar dikira "pak guru" (kalo guru biasanya ketuk pintu dulu), jadi bisa bikin kaget orang sekamar ha...ha... kayaknya mereka takut ketahuan lagi maen atau gak belajar atau malah tidur2an.

Tradisi ini udah turun temurun dari jaman dulu, tdk ada kesepakatan tertulis, tapi semua mematuhi aturan ini sebagai "undang undang tidak tertulis asrama" he..he.. sebab dengan begitu...kita bisa membedakan mana kawan mana lawan (lho..???maksudnya pak guru he..he..) Saya jadi ikut2an juga, tapi kadang2 sengaja ngetuk pintu buat ngerjain mereka wekekek...

But jangan khawatir, di luar asrama, anak2 pada ketuk pintu kok. He..he.. "aya' aya' wae (ada ada aja)"

04 Oktober 2007

Hari Raya yg beda

Dengar2 idul fitri tahun ini bakal beda lagi. Idealnya sih lebaran bareng2 kan yak?, tapi kalo emang jadi 2 yah...apa boleh buat. Toh pihak2 yg menentukan hari raya itu juga gak main2. Beliau2 ini punya dasar masing2 yg mereka yakini.

Trus kita gimana dong? ya biasa aja lah....ikut aja yg mana yg kita yakini. Tidak perlu saling menyalahkan, sebab itu hanya akan menyakiti perasaan orang. Kan gak lucu.....abis ibadah puasa kok langsung bertengkar wekekek. bukan-kah puasa itu memperindah akhlak?

Kalo pinjam gaya bahasa nya om Ebiet "Mungkun Tuhan"... mungkin Tuhan akan memilih mengampuni kita yg salah ber-hari raya-......daripada mengampuni kita yg bertengkar gara2 hari raya.

Ini cuma bahasa kiasan......bagi Tuhan sih gak ada yg namanya pilihan, Dia berhak atas segala sesuatu, wong bumi langit plus isinya punya Dia kok. Trus Masalah hari raya....mm kalo dipikir2...sebenarnya bukan masalah "benar" atau "salah", tapi lebih ke "yakin yg ini" atau "yakin yang itu".

Daripada pusing2 mikirin hari-raya yg beda.....mending mikir gimana memanfaatkan sisa2 ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. betul tidak? buat kawan2 blogger yg mudik.....hati2 dijalan ya! & met lebaran.