Ramadhan di Hachinohe

Ngomong2 ttg bulan ramadhan......pasti ada suasana khas yg bikin kita merasa "eh udah bulan puasa yak" , misalnya orang2 jadi tambah rajin ke masjid, tarawih rame2 dll. Kalo di kampung biasanya ada "kegiatan" bangun-membangunkan waktu sahur...bisa pake kaleng lah, tiang listrik lah (loh...penyalahgunaan tiang listrik wekekek). Begitu juga tayangan2 tv yg hampir semua bertemakan "ramadhan" termasuk harga barang yg naik hu...hu.... Walaupun tidak semua-nya berhubungan langsung dengan ibadah puasa itu sendiri, tapi yg begini2 inilah yg bikin kita merasa "eh bulan puasa yak".

Nah....kalo di t4 saya, kebetulan sendirian nih yg muslim di kota ini. Sudah barang tentu nggak ada suasana seperti di atas tadi. Semua seperti hari2 biasa, kegiatan di sekolah seperti biasa, beda nya adalah sarapan saya jadi lebih cepat (sahur), makan siang saya di tunda beberapa jam saja sampai waktu berbuka. Untuk kota2 besar seperti tokyo yg punya komunitas muslim, biasa nya banyak acara buka bersama, taraweh berjamaah, dll. Jadi sedikit banyak ada "suasana" nya walaupun gak se-semarak di Indonesia sih. Itu juga sih salah satu faktor yg bikin saya ngambil universitas di daerah tokyo untuk lanjut sekolah tahun depan insyaAllah.

Tapi tanpa "suasana" tadi itu.....ramadhan tetap lah ramadhan, bulan penuh rahmat dan ampunan. Yang celaka itu kan bukan Ramadhan tanpa suasana , tapi Ramadhan tanpa puasa + ibadah lain nya....kan? wekekek. Kalo taraweh gimana dong? Ooo tenang aja, saya yg jadi imam merangkap makmum. Kalo dengar ceramah? kalo itu bisa lewat radio internet.

Kok jadi rada2 sedih gitu ya.....eh maksud saya bukan mau mengadu nih....tapi mengajak kawan2 blogger khususnya yg muslim supaya sama2 lebih rajin lagi ibadah nya. Saya juga gak mau kalah dengan anda2 yg berpuasa lengkap dengan "suasana" tadi itu. He..he... (saya lagi pura2 soleh nih wekekek).

Komentar

Romain mengatakan…
Je ne t'oublie pas, ni toi, ni les autres! Je pense à vous cher amis!
A bientôt!
Romain
sachroel mengatakan…
aduh....bahasa prancis....artinya apa ya? ada yg bisa ngartiin nggak?

je ne comprende pas (kayaknya ini juga salah deh) wekekek
isnuansa_maharani mengatakan…
ada ceramah aa gym ga lewat radio internet?
sachroel mengatakan…
ada deng.....yg ceramah pagi abis subuh itu lho. siaran nya sih dari jerman kalo gak salah.
borneo-pkl mengatakan…
gimana toh mas, sampeyan, iki.. lha wong sholeh aja qo' purak-purak..
heheheh.. :)

pis ^_^
raviza mengatakan…
halo...lebaran tahun ini ada rencana balik ke gorontalo gak? kamu asli orang gorontalo ya?
sachroel mengatakan…
iya mbak...saya emang AOG (=asli orang gorontalo) he..he..

Postingan populer dari blog ini

wa ja`alna minal ma`i kulla syai`in hayyin

Pluto bukan planet lagi

Tumbilotohe, tradisi Gorontalo ratusan tahun.