18 Juli 2007

Mana Batrei nya?

Hanya dengan mendekatkan sebuah kartu IC ke mesin pembaca yg ada di pintu masuk stasiun kereta, kita bisa masuk dengan mulus, tanpa harus repot2 antri beli karcis. Inilah salah satu aplikasi teknologi "contactless IC Card" yg dikembangkan SONY Corp.....yg diberi nama Felica

Bentuk-nya mirip kartu ATM, tapi cara kerjanya yg berbeda (begitu kata orang). Di dalam kartu ini ada chip IC yg fungsinya untuk menyimpan & memproses data. Juga ada antena...yg fungsi nya buat nangkap sinyal elektromagnet dari Mesin pembaca.

Eh....tadi katanya ada IC di dalam kan?.....trus batrei nya mana? darimana dia bisa dapat energi buat memproses data? ..... ya seperti kita2 ini, kalo gak makan, gimana bisa kerja? wekekek

Jawabanya mungkin udah tahu semua....waktu SMP SMA pernah nyoba / pernah dengar /pernah baca kan , kalo magnet di gerakkan di dalam kumparan, maka akan timbul arus listrik. Nah gejala inilah yg di manfaatkan kartu tadi sebagai power supply.

Sebenarnya antena yg ada di dalam kartu itu berbentuk kumparan tipis melingkar mirip lintasan lari di sekeliling lapangan bola dalam stadiun.....(ingat sebentar lagi TimNas kita mau lawan Korsel, mari kita dukung....hidup indonesia!!!).

Magnet nya?...sebagai pengganti magnet yg bergerak2....di gunakan lah gelombang elektromagnet yg dipancarkan oleh mesin pembaca. Kan gelombang elektromagnet itu sebenarnya hanya merupakan perpaduan medan magnet & medan listrik yg berubah2.

Nah nanti...gelombang elektromagnet ini akan bertabrakan dengan antena tadi (emangnya kecelakaan?) dan timbullah arus listrik. . mmm jadi yah mirip2 lah he...he....(maksa ya?). Energi listrik inilah yg dipakai si Chip IC tadi untuk bekerja.

Waktu SMP atau SMA.....mmm soal aplikasi magnet jadi listrik dan sebaliknya, yg kepikiran itu cuma 2 aja. Kalo bukan "generator listrik" ya "dinamo" dong wekekek. Eh ternyata dipake juga di kartu setipis itu ya? wah..wah..ternyata pelajaran IPA SMA itu bukan hanya sekedar "isi rapot" doang ya ha..ha...

Soal bagaimana chip itu bekerja? bagaimana data bisa berpindah?....mari kita tanyakan pada yg berwajib (sebab saya benar2 kagak ngarti wekekek). Pengen tau lebih dalam tentang Felica baca di sini

10 komentar:

mashuri mengatakan...

kapan membumi di Indonesia ya?

sachroel mengatakan...

mmm mungkin sebentar lagi, kalo layanan busway semakin bagus....atau proyek monorel-nya jadi...he..he..(berharap doang sih)

Novee mengatakan...

WHATS???
teknologi...? *kabuuurrr*
ga ngerti

noki_afandi mengatakan...

wah kira indonesia udah ada kepikiran untuk itu make itu belum ya mas

sachroel mengatakan...

mmmm gimana ya...? mungkin sudah tapi belum sempat he...he...

masih banyak persoalan lain yg perlu dibenahi.

(pendapat pribadi sih)

Adite Gituuu mengatakan...

enak bener ya.. kaga ada acara mengantri

pink mengatakan...

wooa, keren deh! coba di indo juga ada.

sachroel mengatakan...

yup..betul sekali....gak pake ngantri beli tiket he..he..

agung mengatakan...

salam kenal dari agung di jogja buat mas syahrul yg di negri sakura... :) makasih dah mampir....

CempLuk mengatakan...

rel KRL jabotabek spt nya dah gunain teknologi ini..(karena saya lihat di TV, KRL jurusan JABOTABEK katanya dah canggih)