27 Juni 2007

Kul / Ker

Kousen....begitu nama sekolah ini di sebut. Singkatan dari "Koutou senmon gakkou" (=college of technology). Sistem pembelajaran nya kombinasi Universitas & SMA. Lulusan dapat gelar D3. Selengkap nya baca di sini (postingan lama).

Nanya ke kawan2, rata2 mereka milih kousen karna peluang dapat pekerjaan-nya boleh di bilang 100%. Kok gitu? mmm mungkin karna perusahaan2 butuh yg siap pakai, mengingat ciri khas kousen yg banyak praktek di lab nya.

Di kelas saya (kelas lima, tahun terakhir), sebagian besar sudah di terima di perusahaan2 dalam negeri. Mulai dari yg terkenal seperti SONY, Canon dkk.....sampe yg kurang di kenal (perusahaan lokal). Tahun depan lulus dari sini, langsung deh bisa kerja di perusahaan masing2. Rata2 teman2 ini kelahiran tahun 87, berarti bakal kerja di umur 21 atau 20. Boleh di bilang masih muda.

Kalo lihat permintaan dari perusahaan, ada sekitar 200 an, di bagi 1 kelas 40 orang mmm rata2 5 ya. Tapi kan gak semua perusahaan keren, kita juga milih2 dong he..he... setidaknya peluang dapat kerja nya...besar.

Sempat nanya2 juga, kok langsung kerja? nggak mau sekolah lagi? rata2 menjawab"pengen kerja & cari duit sendiri" atau "udah bosan belajar" wekekekek Kalo saya sendiri, lebih milih sekolah...karna...karna...."banyak libur nya" wekekek. Yup tiap orang punya orientasi masing2 kan ya he..he..

8 komentar:

myrizki mengatakan...

mau nerusin sekolah karena belum siap kerja. Mau kerja di indonesia dengan cuma gelar senmongakkou? Yg S1 aja banyak nganggur. Mau kerja di jepang? dari segi gijutsu ama nihongo masih kurang nih kalo langsung terjun kerja di jepang. Dan mungkin juga kayak alasanmu rul, sekolah banyak liburnya....hehehehe.

sachroel mengatakan...

Yup...setuju sekali...sekolah itu banyak libur nya. he..he..

Kujaku mengatakan...

Hh... kerja dunk, buat biaya anak istri. Qeqeqeq. Cuman masih pengen sekolah euy, khan sambil sekolah bisa nyambi kerja. Klo kerja susah nyambi sekolah euy.....

maya mengatakan...

mo pilih yang manapun ujung-ujung yah musti kerjapun huehueueueue

fani mengatakan...

paling enak pas pengen sekolah dan pas pengen kerja waktunya kita sendiri yang milih, di mana tu ya,, kayaknya enak banget

sachroel mengatakan...

wah harus bikin negara sendiri tuh kalo gitu he..he.

Aura Rosena mengatakan...

Wah, enak sekali. Hbs skul trus dipastiin kerja. :)

sachroel mengatakan...

tapi semua nya jadi pegawai biasa.....jarang yg bisa jadi bos & punya perusahaan sendiri.