27 Juni 2007

Kul / Ker

Kousen....begitu nama sekolah ini di sebut. Singkatan dari "Koutou senmon gakkou" (=college of technology). Sistem pembelajaran nya kombinasi Universitas & SMA. Lulusan dapat gelar D3. Selengkap nya baca di sini (postingan lama).

Nanya ke kawan2, rata2 mereka milih kousen karna peluang dapat pekerjaan-nya boleh di bilang 100%. Kok gitu? mmm mungkin karna perusahaan2 butuh yg siap pakai, mengingat ciri khas kousen yg banyak praktek di lab nya.

Di kelas saya (kelas lima, tahun terakhir), sebagian besar sudah di terima di perusahaan2 dalam negeri. Mulai dari yg terkenal seperti SONY, Canon dkk.....sampe yg kurang di kenal (perusahaan lokal). Tahun depan lulus dari sini, langsung deh bisa kerja di perusahaan masing2. Rata2 teman2 ini kelahiran tahun 87, berarti bakal kerja di umur 21 atau 20. Boleh di bilang masih muda.

Kalo lihat permintaan dari perusahaan, ada sekitar 200 an, di bagi 1 kelas 40 orang mmm rata2 5 ya. Tapi kan gak semua perusahaan keren, kita juga milih2 dong he..he... setidaknya peluang dapat kerja nya...besar.

Sempat nanya2 juga, kok langsung kerja? nggak mau sekolah lagi? rata2 menjawab"pengen kerja & cari duit sendiri" atau "udah bosan belajar" wekekekek Kalo saya sendiri, lebih milih sekolah...karna...karna...."banyak libur nya" wekekek. Yup tiap orang punya orientasi masing2 kan ya he..he..

21 Juni 2007

Alhamdulillah Lulus

Alhadulillahi rabbil alamin (puji syukur kepada Allah tuhan seru sekalian alam), saya lulus ujian masuk universitas. Jadi insyaAllah tahun depan lulus program D3 dari sekolah yg skarang ini (di hachinohe) trus bisa lanjut kuliah buat ngambil S1 selama 2 tahun di University of Electro Communication di Tokyo (urbanisasi nih he...he...).

Terima Kasih banyak terutama buat ibu bapak di rumah yg selalu mendoakan, juga bua t bapak ibu guru, kawan2 & semua semua..nya. Wuihh.....perjalanan masih panjang seperti judul blog ini "Perjalanan Panjang" he...he...

Gitu dulu ah......sekedar pengen berbagi kesenangan dengan kawan2 blogger semua.

17 Juni 2007

Sampai Jumpa Lagi

Tadi siang ngantar kawan sampe stasiun. Lumayan rame yg ngantar he...he... dari teman sekelas & teman2 lainnya (maklum selebritis) . Setelah 3 bulan di sini, kawan 2 orang ini harus balik ke kampung-nya di Prancis (bukan kampung ya...kota he....he...)

Wah.....wah...bisa banyak belajar dari beliu berdua ini, terutama bahasa perancis. Walaupun bisa nya cuma "bonjour" doang he..he.. berikut cerita2 tentang "kota halaman-nya (=kampung halaman-nya)"

Yang bikin rame di asrama jadi berkurang nih, tempat main psp & copy meng-copy game+film+anime, wah....sampai jumpa lagi kawan ! siapa tahu kapan2 saya bisa nyasar ke prancis juga hi..hi...

16 Juni 2007

Sayonara di Akhir Pekan

Mmm akhir pekan kali ini sedikit berbeda dengan akhir pekan sebelum2nya. Kali ini ada yg namanya "perpisahan". Tapi bukan perpisahan dengan "sang kekasih" atau apa lah namanya........kali ini dengan pak guru & kawan.

Tadi siang ngebut ke stasiun bareng kawan (tapi pake sepeda wekekek, gak termasuk ngebut ya? belum punya mobil sih......& saya gak mau ikut2an mencemarkan lingkungan he..he...alasan) sekedar pengen bilang "sayonara"(selamat jalan) sama Yamori sensei (pak guru).

Alhamdulillah keburu juga walaupun sensei-nya sudah lewat pintu masuk, tapi masih kelihatan dari luar.....cepat2 kita manggil, pak guru menoleh & masih sempat keluar sebentar untuk salaman dengan kita (biasanya kita mangguk2 doang kayak samurai.....tapi sekarang pake salaman he...he...). Sedikit sedih sih.....tapi harus "keep smile" supaya gak merusak suasana wekekek.

Sebenarnya pak guru ini datang ke hachinohe april 2005, sama dengan saya. Bedanya beliau yg jadi guru nya, saya yg jadi muridnya he..he...beliau ngajar konversi energi (motor & pembangkit listrik), power electronics & rangkaian listrik di kelas selama 2 tahun. Nggak pernah marah di kelas. Pelajaran yg kayaknya susah di bikin gampang sama beliau.

Waktu ngajar di kelas, beliau pernah bilang "kita pasti lupa pelajaran yg kita bahas sekarang ini termasuk rumus2-nya (waktu itu belajar motor konduksi kalo gak salah)........yg penting itu adalah cara berpikir, karena cara berpikir itu yg bakal tinggal lama di otak" he..he.. betul juga ya....sekarang udah lupa semua he..he..

Rencananya beliau bakal pensiun tahun depan, tapi ada sedikit masalah kesehatan, pensiun-nya dipercepat 1 tahun, supaya bisa istrahat di rumah-nya di Tokyo.

Mmm cuma bisa bilang "terima kasih" doang nih sama pak guru......& semoga cepat sembuh, supaya bisa main tenis lagi he..he...(soalnya hobi-nya main tenis sih)

Besok rencana nya ngantar kawan 2 orang, yg pernah saya ceritain dulu di postingan yg judul nya "gara2 bahasa inggris-ku yg katro". Mereka bakal balik ke Perancis, setelah 3 bulan di sini (program pertukaran pelajar).

Benar2 akhir pekan penuh sayonara nih he..he..

14 Juni 2007

Ke Kota

Lama gak posting nih.......sori...sori... he..he..

Seminggu ini lagi banyak urusan (he..he..maklum direktur cv angin ribut). Kemarin baru pulang dari Tokyo, ikut ujian masuk universitas buat nerusin sekolah. Minta doa nya dari teman2 semua, siapa tau bisa lulus ... aaamiiiiinn. Sekarang lagi nunggu pengumuman (hi.......ngeri.....). Kalo pilek nya, alhamdulillah udah sembuh 2 hari menjelang ujian he..he...

Lama gak main ke tokyo euy.....terakhir kapan ya? mmm bulan oktober tahun lalu kalo gak salah waktu studi tour. Terlalu betah di kampung (hachinohe)....maklum memang asal nya dari kampung juga. Sempat bingung waktu di stasiun Shinjuku pas nyari jalur kereta he..he..sebenarnya pengen meng-aplikasi-kan jurus "malu bertanya jalan terus", tapi gak bisa deng wekekek, bakal jalan terus menerus tuh.

O iya sekalian nih mo ngucapin terima kasih banyak buat senior mas Indra & mas Nanang, yang telah sudi menampung kami (saya & teman) di Tokyo. Semoga tambah di sayang Allah & dimudahkan segala urusan-nya.....amiiiiiinn.

Abis ujian, sempat makan sushi di tempat biasa (maksudnya langganan, soalnya murah sih he..he..) & sempat main di Akihabara juga buat beli Portable HDD case, soalnya yg dulu udah rusak. Abis itu kembali ke hachinohe lagi.

06 Juni 2007

Dokter & Pengacara

Mmm...lagi pilek nih, kemarin udah ke dokter, katanya flu biasa. syukur....syukur...cuma flu biasa. Soalnya ngeri deng, di sini lagi musim penyakit campak. Tiap hari muncul di TV, di sekolah pun semua pada ngomongin campak. Yeay..si campak jadi bahan pembicaraan nasional deh.

3 hari yg lalu, dengar berita ada sekolah yg di-liburkan 10 hari penuh gara2 ada 1 siswa yg kena campak. kelihatan nya emang untuk menghindari penyebaran ke anak2 lain. di sekolah saya, selalu ada peringatan, yg demam di atas 37 derajat dilarang ke sekolah. Trus di suruh imunisasi bagi yg merasa belum. Yg gak ingat, tanya sama orang tua.

Eh..kok jadi ngomongin campak sih? maksud saya pengen ngomong yg ini nih. Kemarin waktu di klinik mikir2 wah, jadi dokter cepat dapat duit nya ya? periksa2 sebentar langsung dapat. Mmm jadi ingat kata senior dulu. Katanya "seandainya di suruh pilih lagi mau masuk jurusan mana, dia bakal milih jadi dokter atau pengacara".

Kenapa? "ya karna dokter & pengacara yg paling kaya", katanya. trus?........"coba kamu pikir, insinyur2 mesin pada capek2 bikin mobil, siapa yg pake mobil duluan? ya kalo gak dokter pengacara lah" begitu katanya.

mmmm ada benarnya juga ya he..he... tapi saya mikir juga. eh kalo semua orang jadi dokter & pengacara, terus siapa yg bikin mobil nanti? wekekek. nanti semua pada naik kuda, kayak cowboy, he...he...

trus kan, jadi dokter & pengacara itu tidak mudah. Selain itu kan niatnya bukan hanya sekedar cari duit. dokter misalnya.....wah bisa nolong banyak orang tuh.

Kalo menurut anda gimana?

03 Juni 2007

Beasiswa Monbukagakusho

Hampir lupa deng, ada pendaftaran Beasiswa Pemerintah Jepang untuk lulusan SMA.

Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho [departemen pendidikan jepang] bagi lulusan SLTA dan Sederajat untuk keberangkatan tahun 2008 dibuka 31 mei 2007 dan akan di tutup pada 27 Juni 2007.

Siapa tau ada adik, saudara, tetangga, teman, or siapa aja yg berminat & memenuhi syarat. Untuk lebih jelasnya klik di sini (Kedutaan Besar Jepang di Indonesia).

Berhubung ada yang nanya tentang contoh soal2 ujian nya, saya tambahkan link nya di sini yak..
contoh soal tes monbusho
Selamat mencoba.