Hachinohe

saya datang ke sini tahun 2005 bulan april, tepatnya tanggal 4 (masih ingat) untuk sekolah. sekolahnya di "hachinohe national college of technologi". kenapa harus di sini? cerita nya panjang he..he.. kali ini pengen cerita ttg "Hachinohe" nya

Hachinohe, salah satu kota di Aomori Pref. provinsi paling utara pulau Honsyu. Tempatnya di sebelah timur, menghadap samudera atlantik (ini salah deng....yg bener = samudera pasifik, terima kasih buat guest yg telah mengingatkan, memang ini nih akibat belajar gak serius he...he...).

Jumlah penduduknya sekitar 250 ribu jiwa, dengan luas wilayah 300 km persegi. Berhubung ada di utara jepang, udaranya dingiiiiinnnnnnn, tapi saljunya dikit, tapi tetep dingin (apa seh ha..ha..).

Kalo musim panas, tdk se panas tokyo yg bisa sampe 33 derajat. Di sini panas2 nya paling 28 derajat. Paling dingin (pengalaman sendiri sih) minus 6 derajat. Gak terlalu dingin kayak hokkaido yg bisa minus 12 hiiii ngeri. Tapi karna angin nya lumayan kencang, dingin nya hachinohe sangat terasa.

Untuk ke sini, dari tokyo 9 jam kalo pake bus. Kalo pake si cepat "shinkansen" cuma butuh 3 jam. Kalo pengen coba kereta lokal sambil lihat2 pemandangan , bakal banyak transit nya, total waktu sekitar 13 jam-an. (pengalaman peribadi 15 jam gara2 cuaca buruk) .

Transportasi utama dalam kota, bus & kereta. Dari asrama sekolah sampe pusat kota nya pake bus sekitar 15 menit. jarang pake kereta, soalnya jauh ke stasiun, udah gitu kereta nya jarang. gak seperti tokyo yg bisa 3 menit sekali kereta datang (yamanote line pada jam sibuk 8-9 pagi).
Hachinohe dilengkapi dgn fasilitas pelabuhan besar (termasuk 5 besar di Jepang). Ikan juga termasuk andalan utama daerah ini selain Industri & Bisnis.

Kalo di tanya apa yg menarik di sini? mmm apa ya...tempatnya gak ribut kayak tokyo, adem(terlalu adem). gak begitu spesial, biasa2 aja maklum kota kecil. Kayak gorontalo lah (ye....mau nya).

Gitu dulu cerita ttg hachinohe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

wa ja`alna minal ma`i kulla syai`in hayyin

Pluto bukan planet lagi

Tumbilotohe, tradisi Gorontalo ratusan tahun.