01 September 2006

Pluto bukan planet lagi

Ribuan astronom yang berkumpul di Praha, Ceko akhirnya memutuskan bahwa Pluto tidak masuk dalam kategori planet pada pertemuan puncak International Astronomical Union (IAU) Kamis (24/8). Alasannya, Pluto tidak memiliki orbit yang dominan seperti delapan planet lainnya.

Meskipun demikian, benda langit yang dikenal sebagai planet kesembilan selama 76 tahun di Tata Surya dimasukkan ke dalam klasifikasi baru yang disebut planet kerdil. Selain Pluto, Charon, Xena, dan Ceres juga dimasukkan dalam kategori baru ini.

"Saya sangat terharu hari ini sebab pada hari terakhir kami harus mendeskripsikan Tata Surya sebagaimana mestinya, suka atau tidak," kata Profesor Iwan Williams, kepala panel IAU yang bekerja dalam beberapa bulan terakhir untuk mendefinisikan istilah planet.

Definisi yang tegas diperlukan sejak teleskop berteknologi mutakhir berhasil menunjukkan objek-objek langit baru yang berukuran sebanding Pluto. Tanpa batasan yang tegas, jumlah benda-benda langit yang disebut planet di Tata Surya mungkin bisa mencapai 50 atau lebih.

Dalam sidang umum IAU, para astronom sepakat bahwa benda langit dapat disebut sebagai planet jika mengorbit bintang namun bukan sebagai bintang yang memancarkan sinar. Selain itu, ukurannya harus cukup besar sehingga memiliki gravitasi yang membuatnya berbentuk bulat dan memiliki orbit yang jelas berbeda dengan objek langit lainnya.

Pluto secara otomatis tidak memenuhi syarat ini karena orbitnya yang berbentuk elips tumpang tindih dengan orbit Neptunus. Orbitnya terhadap Matahari juga terlalu melengkung dibandingkan delapan objek yang diklasifikasikan sebagai planet.
Dengan keputusan yang akan ditetapkan IAU ini, referensi mengenai planet-planet di buku teks maupun ensiklopedia harus direvisi. Tata Surya dengan Matahari sebagai pusatnya akan dideskripsikan dengan delapan planet saja. Sementara benda-benda langit lainnya diklasifikasikan tersendiri.

Dikutip dari harian kompas.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Ternyata Pluto bukan planet lagi sdh dibicarakan sejak tahun 2006. Suprised jg saat tahu tulisan ttg Pluto ini ditahun 2006. Baru tersadarkan saat anak cowok saya yg umur 6thn membicarakan ttg Pluto yg bukan planet lagi sejak 1bulan terakhir ini. Karena anak sy penasaran kenapa Pluto tidak masuk dalam kategori planet baru saya dan mas Luqman(anak sy) browsing cari tahu. Thanx untuk oom Rudy yg sudah menginfokan tulisan kamu pd mas Luqman. Sukses slalu.

sachroel mengatakan...

terima kasih atas kunjungan nya. Cerita tentang pluto ini saya ambil dari harian kompas waktu itu. senang sekali kutipan ini bisa bermanfaat.

Sri Kumalasari mengatakan...

thx infonya. baru tau nih kalau pluto bukan planet karena info dari kenalan sy anak SD.

Anonim mengatakan...

Bang bisa ditampilkan ndak gambar dari masing-masing orbit planet supaya lebih jelas dan bisa membedakan antara orbit pluto yang bukan sebagai planet dengan orbit planet lain.Makasih bang.........

subagio mengatakan...

baru tahu juga gue, mohon segera direvisi itu buku-2, katalog atau apapun yg menyangkut pluto sehingga yg blm buka media elect. ini segera tahu, terutama para kaum yg tua tua yg sdh tdk sekolah, tahunya pluto itu ya planet. thank,s..

Denny Juzaili mengatakan...

kalau gak tahu pluto itu sebuah planet, apa rugi nya ????

kalau tahu pluto itu planet, apa untungnya ????


Tidak tahu = tidak mudhorot. Tahu=Tidak manfaat.