Langsung ke konten utama

Kousen


Kebetulan, saya adalah salah satu siswa di Hachinohe Kousen. Mungkin teman2, belum tau Kousen itu apa sih, saya mencoba sedikit membahas tentang kousen.

Sistem pendidikan jepang, mirip dgn Indonesia, yakni SD 6 tahun, SMP 3 tahun, SMA 3 tahun dst. Nah kousen itu sendiri ada lah lanjutan dari SMP, bisa dibilang mirip SMA gitu lah. Tapi bedanya, kousen selesai dalam 5 tahun. Jadi SMA+ separuh Universitas, tul nggak???

Berbeda dengan SMA biasa, Staf pengajar Kousen sebagian besar adalah peneliti , bukan guru(spesialis mengajar) , jadi nggak perlu surat ijin mengajar kayak pegawai negeri. Cara mengajar nya pun kadang2 aneh & membingungkan hehehe, maklumlah bukan guru sih, tapi banyak juga yang jago lho, lebih jago dari guru.

Materi pelajaran di kousen adalah perpaduan antara SMA dan Perguruan Tinggi serta lebih menekankan ke jurusan. Eksperimen dsb merupakan menu andalan utama kousen. Belajar di kelas sesuai jadwal (kayak SMA) , untuk tingkat 5(terakhir) ada tugas akhir kayak skripsi. Ada banyak jurusan yg disediakan di kousen, misalnya Teknik Elektro, Mesin, Sipil, Kimia dll.

Lulusan kousen setara dengan Diploma3, bagi yg pengen lanjut ke Universitas, bisa masuk lewat ujian khusus, langsung di tingkat 3. O iya, lulusan kousen juga bisa melanjutkan ke SENKOUKA (2 tahun), lulusan senkouka ini setara dengan S-1. Berdasarkan data yg ada sebagian besar lulusan kousen, langsung bekerja di perusahaan2 sebagai teknisi.  

Komentar

Anonim mengatakan…
Nice site!
[url=http://jgtsuygr.com/kobs/xweq.html]My homepage[/url] | [url=http://hiedbhes.com/uoqq/kkht.html]Cool site[/url]
Anonim mengatakan…
Great work!
My homepage | Please visit
Anonim mengatakan…
Nice site!
http://jgtsuygr.com/kobs/xweq.html | http://xmzmclak.com/xupi/iwbe.html

Postingan populer dari blog ini

wa ja`alna minal ma`i kulla syai`in hayyin

Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup." (Q.S. Al-Anbiya:30) Dalam kitab-kitab tafsir klasik, ayat tadi diartikan bahwa tanpa air semua akan mati kehausan. Tetapi di Jepang, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama dengan tekun melakukan penelitian tentang perilaku air. Air murni dari mata air di Pulau Honshu didoakan secara agama Shinto, lalu didinginkan sampai -5oC di laboratorium, lantas difoto dengan mikroskop elektron dengan kamera kecepatan tinggi. Ternyata molekul air membentuk kristal segi enam yang indah. Percobaan diulangi dengan membacakan kata, "Arigato (terima kasih dalam bahasa Jepang)" di depan botol air tadi. Kristal kembali membentuk sangat indah. Lalu dicoba dengan menghadapkan tulisan huruf Jepang, "Arigato". Kristal membentuk dengan keindahan yang sama. Selanjutnya ditunjukkan kata "setan", kristal berbentuk buruk. Diputarkan musik Symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga. Ketika musik heavy metal diperdengar

Bola kok Hitam Putih ya?

Pasti semua udah pada tau, gambar bola di samping ini adalah bola yg dipake di pertandingan sepak bola. Lho.....? kok bisa tau? padahal sama bulat nya dengan bola voli, basket dll. Ya iyalah.....hitam putih gitu. Konon sebelum tahun 60'an, bola ini umumnya berwarna coklat dan tidak bercorak. Sejak tahun 60'an, warna hitam putih dengan corak seperti gambar di atas mulai digunakan di eropa. Di FIFA World Cup tahun 1970 (meksiko), corak ini mulai digunakan. Penggunaan nya pun makin meluas dan akhirnya mendunia seperti sekarang. Kok warna nya hitam putih ya? Jaman itu, televisi umumnya masih yang "hitam putih", kalo warna bola nya putih semua, atau coklat semua, katanya "susah dilihat" or "kurang jelas". Untuk mengatasi hal ini akhir nya kombinasi hitam putih lah yg dipakai. (Begitu kata orang) NB : era 60-70 an berarti jaman nya "Pele". Kalo lihat cuplikan goal2 nya Pele di youtube, kadang bola nya putih polos, yg coklat juga ada. Tentu, yg

Blogstuff