Postingan

Selamat Idul Fitri 1434H

Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin. Alhamdulillah kali ini merayakan hari raya di jepang bersama istri. Semoga ibadah puasa kita diterima Allah swt.

Ramadhan kali ini bertepatan dengan musim panas, jadi waktu siangnya sedikit lebih panjang dari biasanya. Imsak sekitar jam 3 pagi, berbuka sekitar jam 7 malam. (Di eropa bagian utara atau kanada pasti lebih panjang lagi). Tapi alhamdulillah bisa dijalani dgn lancar. Dikantor sering dicek sama bos, "kamu masih kuat kan?" He3x.

Tentang hari raya, di jepang sendiri gak ada libur hari besar keagamaan seperti di Indonesia. Kalo hari rayanya gak pas di sabtu / minggu, maka kita harus ijin ke kantor dulu. Mahasiswa juga sama, perlu ijin sebentar buat solat Ied atau pake jurus meliburkan diri sendiri ^^.

Di tokyo sih enak, ada komunitas muslim indonesia. Jadi bisa merasakan suasana lebaran yg sedikit mirip dengan Indonesia. Waktu di hachinohe (Aomori) dulu, saya beberapa kali lebaran dalam hati hi3x, sambil belajar di k…

Tempat makan sushi

Gambar
Ada banyak pilihan tempat untuk makan sushi di sekitar tokyo. Yang murah (105 yen/piring) dan lumayan enak ada "sushiro" atau "kurasushi". Ada juga sih yg lain, tapi saya lebih milih yang 2 ini karena menu pilihannya yang banyak. Buat penggemar salmon, kayaknya lebih rame di kurasushi. Tanpa pesan pun, salmon akan datang berputar2 menggoda anda wkwkwkwk. Sushiro kesan nya lebih high-tech aja. Soalnya touch panel buat pesan nya lebih baru dan gede, enak buat milih menu.

Yang Benar disingkirkan

Belum lama ini, berita tentang "pahlawan kejujuran" ibu siami dari surabaya mencuat ke permukaan (silahkan di cek ke mbah google). ironis sekali, yang berusaha jujur malah dimarahi, sama warga sekampung lagi wkwkwkwk. memang kita harus akui, "kejujuran" sudah menjadi barang langka di negeri kita. kata kang Sule di lagu susis yg terkenal itu..."kalo ngelawan urusan bakal panjang" wkwkwkwk.
Jadi ingat lagu Alm. Franky Sahilatua, perahu retak......  "aku heran, aku heran .... yang salah dipertahankan....aku heran, aku heran....yang benar disingkirkan"
Kita udah gak heran lagi bang Franky....he3x. Tapi tentunya tetap berharap+berusaha supaya negeri ini baik lagi. Caranya pake rumus berubah 3M nya Aa Gym, "mulai dari yg kecil, mulai dari diri sendiri, mulai sekarang". 
Ngemeng2, teori 3M ini gampang disebut/diingat, tapi dijamin susah banget wkwkwkwk. Berani mencoba?

Selamat Tahun Baru 2011

Udah lama saya nggak ngupdate blog ini hehehe. Tahun 2011 ini saya akan mencoba untuk mengaktifkan kembali blog tua ini. Tahun 2010 banyak hal dan pengalaman yg saya dapatkan. Secara umum alhamdulillah banyak yg baik2. semoga tahun 2011 ini akan lebih baik lagi. amiiiin

Merapi dan Mbah Maridjan

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan ikut berbelasungkawa atas musibah meletusnya gunung merapi serta tsunami di mentawai. Semoga yang wafat diterima amal2 nya dan diampuni dosa2 nya, serta diberi ketabahan buat keluarga yg ditinggalkan.

Bicara soal gunung merapi, tentu tak lepas dari sang juru kunci, almarhum mbah Maridjan. Berita2 di media masa, membawakan kisah beliau dengan versi masing2. Tanggapan orang2 pun beragam, ada yang simpati, ada juga yg sebaliknya.

Saya sendiri, termasuk yang simpati. Terlepas dari benar tidak nya pilihan mbah Maridjan (Almarhum) untuk tetap tinggal, saya pikir kita tetap harus menghargai itu sebagai bentuk perjuangan beliau. Terus terang saya kagum dengan kesetiaan dan keyakinan beliau. Kita tidak sedang berbicara soal benar tidaknya kepercayaan itu, tapi mari kita memperhatikan sikap sosok mbah Maridjan yang sangat setia, dan yakin akan kepercayaan yg dianutnya.

Mungkin ada baiknya kita bertanya kepada diri kita masing2, apa kita sanggup berbuat demikia…

Alhamdulillah bisa lebaran di rumah

Udah telat sih, tapi saya pengen ngucapin met Idul Fitri buat semua, mohon maaf lahir dan batin. Alhamdulillah lebaran tahun ini bisa saya nikmati bersama keluarga n sanak saudara plus kawan2 di Gorontalo. Sejak tahun 2003 saya gak pernah lagi lebaran di kampung halaman. Kebetulan lebaran tahun ini pas dengan libur musim panas, jadi kesempatan ini saya gunakan untuk mudik he3x.

Sekarang udah balik lagi, liburan telah usai. Kuliah lagi, ngelab lagi, masak sendiri lagi dst...sebenarnya udah mulai malas. tapi harus dijalani he3x. Yg bilang pengen sekolah itu kan saya sendiri, jadi harus siap dong dengan semua konsekwensi yg ada. Semoga urusan saya ini dilancarkan oleh Nya. Amiiin.

Kalo bumi ini kampung 100 orang

Pertama2 saya pengen ngucapin Selamat Idul Adha 1430H. Selamat telah menggembirakan orang2 sekitar kita, atau saudara2 kita dengan sembelihan hewan qurban, dan semoga Allah swt senang melihatnya, amiiiin.

Nah, kali ini saya hendak mengajak sodara2 sedikit merenung, betapa kita ini benar2 beruntung. Kok bisa begitu? simak tulisan berikut :

Kita misalkan seluruh manusia yg tinggal di planet bumi ini diwakilkan oleh 100 orang. Dengan begitu kita bisa lebih mudah mengerti gambaran total keadaan penduduk bumi ini.
dari 100 orang tersebut :
57 orang Asia, 21 orang Eropa, 14 orang Amerika, 8 orang Afrika. 52 orang perempuan, 48 orang laki-laki.80 orang tinggal di tempat yg tidak layak70 orang buta huruf50 orang menderita gizi buruk1 orang akan lahir, 1 orang akan meninggalhanya 1 orang yg bisa kuliah di Perguruan Tinggihanya 1 orang yang memiliki komputerNah, sekarang penduduk bumi ini ada 6,5 Miliyar, jadi:
Bila anda bisa membaca tulisan saya ini, maka anda lebih beruntung dari 4,5 milyar orang …